Idealisme vs Realitas, Konflik Pandangan Plato dan Socrates Menilai Risiko Filsafat bagi Masyarakat

Idealisme vs Realitas, Konflik Pandangan Plato dan Socrates.
Sumber :
  • Freepik

Mindset – Idealisme dan realitas menjadi dua unsur filosofis yang terus berseteru sepanjang sejarah pemikiran manusia. Konflik pandangan antara Plato dan Socrates dalam menilai risiko filsafat bagi masyarakat menjadi sorotan yang menarik.

Kondemnasi Socrates: Mengapa Pengabdian Tak Membawa Penghargaan?

Dalam mengeksplorasi perbedaan pandangan keduanya, kita dapat melihat bagaimana idealisme Socrates, yang diakui oleh Plato, bertabrakan dengan realitas masyarakat Athena pada masa itu.

Socrates dan Apology Plato: Kompleksitas dalam Pertahanan Diri 

Ilustasi Apology karya filsuf Plato.

Photo :
  • epub.us
Pandangan Plato dalam 'Apology', Pujian untuk Socrates atau Kritik Terhadap Athena?

Plato, dalam karyanya yang terkenal, "Apology," tidaklah buta terhadap bahaya-bahaya kewarganegaraan dan keagamaan yang diciptakan oleh Socrates.

Namun, kompleksitas dan daya tarik Apology terletak pada kenyataan bahwa ini bukanlah semata-mata pujian satu sisi yang menyembunyikan fitur-fitur gaya hidup Socrates. Dimana hal tersebut yang menjadi penyebab kecemasan dan kebencian bagi banyak warga Athena.

Socrates dan Kebebasan Berbicara: Tinjauan atas Pengadilan dan Kehendak Rakyat Atensi

Plato dengan jelas berpihak pada Socrates dan melawan Athena. Tetapi dalam hal ini, ia memberikan pandangan yang menyeluruh mengenai mengapa Socrates memiliki musuh sekaligus teman.

Halaman Selanjutnya
img_title