Das Kapital dan Manifesto Komunis, Aplikasi Materialisme Sejarah dalam Analisis Karl Marx

Pemikiran Karl Marx tertuang dalam Das Kapital dan Manifesto Komunis.
Sumber :
  • Ist

MindsetKarl Marx, seorang filsuf dan ekonom terkenal dari abad ke-19, telah meninggalkan warisan pemikiran yang memengaruhi banyak bidang, terutama dalam kajian ekonomi dan politik. Dua karya pentingnya, "Das Kapital" dan "Manifesto Komunis", mengungkapkan pandangan materialisme sejarah yang mendalam tentang struktur sosial dan ekonomi masyarakat.

Apa Itu LPEI? Lembaga Pembiayaan yang Diduga Tersandung Kasus Korupsi Rp2,5 Triliun

Dalam pengantar bukunya, "Zur Kritik der politischen Ökonomie" (Contribution to the Critique of Political Economy) tahun 1859, Marx mengemukakan bahwa hipotesis yang mendasari analisisnya tentang masyarakat dapat dirumuskan sebagai berikut:

"Dalam produksi sosial yang dilakukan manusia, mereka memasuki hubungan tertentu yang sangat diperlukan dan independen dari kehendak mereka, yaitu hubungan produksi yang sesuai dengan tahap perkembangan kekuatan material produksi mereka. Totalitas hubungan produksi ini membentuk struktur ekonomi masyarakat, dasar nyata, di mana muncul struktur hukum dan politik, dan sesuai dengan itu adalah bentuk-bentuk tertentu dari kesadaran sosial. Mode produksi dalam kehidupan material menentukan karakter umum proses-proses sosial, politik, dan intelektual kehidupan. Bukanlah kesadaran manusia yang menentukan keberadaan mereka; sebaliknya, keberadaan sosial mereka yang menentukan kesadaran mereka."

Warisan Kontroversial Lenin: Larangan Faksi dan Dampaknya dalam Sejarah Partai

Hipotesis ini kemudian ditingkatkan menjadi hukum sejarah, yang kemudian dikenal sebagai materialisme sejarah.

Marx menerapkannya pada masyarakat kapitalis, baik dalam "Manifesto Komunis" (1848) maupun "Das Kapital" (volume 1, 1867) serta dalam tulisan-tulisannya yang lain.

Lenin dan Pengembangan Marxisme, Studi Kasus Kritis atas Rusia Abad ke-20

Marx menyatakan bahwa struktur ekonomi adalah dasar nyata dari masyarakat, di atasnya muncul "superstruktur" yang terdiri dari bentuk-bentuk hukum dan politik yang sesuai dengan struktur ekonomi.

Meskipun Marx menyatakan bahwa ada korespondensi antara "kekuatan material" produksi dan "hubungan" produksi yang sangat diperlukan, ia tidak pernah menjelaskan dengan jelas tentang sifat korespondensi ini.

Halaman Selanjutnya
img_title