Misteri Tafsir yang Ade Armando Kutip tentang Khinzir dan Babi Ternak

Ilustrasi Babi Ternak
Sumber :
  • freepik.com

MindsetAde Armando melontarkan pernyataan kontroversial terkait hukum babi menurut Islam. Pernyataan tersebut dilontarkan sebagai bagian dari pembelaan terhadap TikToker Lina Mukherjee

5 Hal tentang Jalaluddin al-Suyuthi, Ulama yang Dikutip dalam Sidang MK Pilpres 2024

Dalam pernyataannya, Ade Armando menyebutkan adanya interpretasi yang mengatakan bahwa yang diharamkan dalam Al-Quran itu khinzir dan khinzir itu tidak mencakup babi ternak

Pernyataan terkait diungkapkan pada 4 Mei 2023 dalam tayangan kanal Youtube Cokro TV. Berikut salah satu petikan pernyataan Ade Armando dalam pembelaan terhadap TikToker Lina Mukherjee itu:

Hukum Kumur-Kumur dan Memasukkan Air ke Hidung dalam Wudhu Saat Puasa, Membatalkan atau Tidak?

Lina Mukherjee selebgram yang viral karena makan babi.

Photo :
  • Instagram - Lina Mukherjee

Salah satu interpretasi bilang bahwa yang diharamkan adalah binatang bernama Khinzir. Kata itulah, kata Khinzir itulah yang digunakan dalam Al-Qur’an. 

Hukum Suntik Saat Puasa? Ini 3 Pendapat Berbeda Para Ulama Fiqh

Khinzir itu tidak sama dengan babi ternak yang dijadikan makanan saat ini. Khinzir adalah hewan liar yang hidup di gurun Arab di masa Nabi Muhammad hidup dulu. 

Menyamakan khinzir dengan babi ternak adalah hasil interpretasi yang bisa diperdebatkan. Karena itu kalau khinzir diharamkan tidak otomatis berarti babi ternak pun diharamkan. 

Halaman Selanjutnya
img_title