Bagaimana Aplikasi Ilmu Mantik dalam Tafsir Al-Quran? Berikut Contoh dan Penjelasannya!

Ilustrasi Ilmu Mantik.
Sumber :
  • Unplash.com - Mindset

Khazanah, Mindset – Bagaimana aplikasi Ilmu Mantik dalam Tafsir? Berikut redaksi MindsetVIVA akan mengulas penerapan ilmu tersebut. Simak dengan seksama pembahasan lengkap penerapan Ilmu Mantik dalam Tafsir di artikel ini.

Mengapa Dajjal Disebut Al-Masih? Ini Penjelasan Perspektif Islam

Melanir “Mantik: Kaidah Berpikir Islami” karya H Syukriadi Sambas, mencontohkan penerapan Ilmu Mantik dalam ilmu Tafsir Alquran ini hanya mengambil penafsiran "Basmalah"; bagaimana Basmalah ditinjau dari Ilmu Mantik.

Dilihat dari segi kata-katanya, bismillaahirrahmaanirrahiim, terdiri dari ba, ismun, Allah,- al-rahman, al-rahim.

Gus Baha Sebut Tiga Hewan Ini Menjadi Penghambat Datangnya Hari Kiamat!

Ba adalah adat dan lafaz juz'i; ismun adalah lafaz mufrad kully jenis; Allah adalah lafaz mufrad juz'i, Allah adalah nama zat yang memiliki sifat kemahasempurnaan dan Mahasuci dari kekurangan; al-rahman adalah lafaz mufrad wadh'an, dan juz'i istismalan; al-rahim adalah lafaz mufrad kully wadh'an wa isti'malan. 

Dilihat dari segi kalimat, ba dalam bismillahirrahmanirrahim itu mempunyai muta'alaq (kalimat yang di-takdir-kan, tersirat). Hal tersebut menunjukkan dalam kerangka apa basmallah itu dibaca oleh pembacanya sebagai maudhu dan sebagai mahmul—yang disebut Qadhiyah Hamliyah.

Peran aplikasi Ilmu Mantik dalam Tafsir

Selain Ayat DNA, dalam Al Quran Juga Ada Ayat Sidik Jari

Peran aplikasi Ilmu Mantik dalam Tafsir Perinciannya sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya
img_title