Aplikasi Ilmu Mantik dalam Ilmu Kalam : Contoh dan Penjelasannya!

Ilustrasi Ilmu Mantik.
Sumber :
  • Unplash.com

Khazanah, Mindset – Aplikasi Ilmu Mantik dalam Ilmu Kalam sangat penting diketahui bagi para peneliti Islam atau seseorang yang sedang berfokus dalam studi Ilmu Kalam. Berikut contoh aplikasi Ilmu Mantik dalam Ilmu Kalam beserta penjelasannya akan diulas dalam artikel ini. Simak dengan seksama!

Mengapa Dajjal Disebut Al-Masih? Ini Penjelasan Perspektif Islam

Jika memperhatikan kitab-kitab klasik yang membicarakan tentang ilmu kalam, kita akan menemukan di dalamnya banyak menggunakan pendekatan Mantik islami.

Aplikasi Ilmu Mantik dalam Ilmu Kalam

Mengutip "Ilmu Mantik: Kaidah Berpikir Islami," Dr. Ali Sami al-Nasyar dalam karya tulisnya, Manahij al-Bahts 'inda Mufakkir al-Islamiy, telah membahas secara ilmiah tentang bagaimana mantik islami ini diterapkan dalam pembicaraan ilmu kalam: yakni, dengan dikembangkanriya teori Qiyas yang berbeda dengan teori Aristoteles — yang disebut Qiyas al-Ushuli.

Cara Belajar Agama Islam yang Benar dengan Iman-Ilmu-Amal

Qiyas Ushuli adalah melakukan analisa terhadap hal-hal yang abstrak dengan berpegang kepada hal-hal yang konkrit (qiyas 'ala al-syahadah) dalam menemukan kebenaran ilmiah.

Syekh Ibrahim Bajuri selain sebagai pensyarah Matan Sullam al-Munawwarok Imam al-Ahdari juga telah menulis ilmu kalam dalam bentuk "matan".

Gus Baha Sebut Tiga Hewan Ini Menjadi Penghambat Datangnya Hari Kiamat!

Dimana ia menggunakan kaidah kaidah mantik dalam pemaparannya, antara lain dalam kitabnya Tijan al-Darari, Berikut kutipan beberapa bagian kecil dari kitab tersebut.', 

Halaman Selanjutnya
img_title