Cara Belajar Agama Islam yang Benar dengan Iman-Ilmu-Amal

Kitab Al-Qur'an
Sumber :

Mindset –Agama Islam adalah agama yang sempurna. Ajarannya sangat logis, rasional dan detail. Namun demikian, seorang mualaf tentu bingung bagaimana seharusnya saya mempelajari agama Islam ini.

Makna Dajjal dan Ya'juj wa-Ma'juj, Dua Fenomena Mengerikan dalam Perspektif Islam

Berikut beberapa langkah yang perlu dipahami oleh Mualaf atau orang yang baru memeluk Islam, yaitu: (1) Konsep Keimanan (Iman), (2). Ilmu terkait konsep keimanan, dan cara beramal, (Ilmu) serta  (3) Amal atau praktik terkait perilaku yang yang benar dalam Islam (Amal).

Konsep Keimanan

Apa Itu Malam Lailatul Qadar? Ini Dalil Al-Quran dan Keutamaanya!

Pada konsep keimanan, seorang mukmin harus memahami dan meyakini yang ada dalam rukun Iman. Dalam rukun iman ini, memuat tentang konsep ketuhanan, malaikat, kitab-kitab, Nabi dan Rasul, hari akhir atau kiamat serta Qadha dan Qadar.

Konsep keimanan ini harus dipahami dan terpatri dalam jiwa, hal ini menjadikan seorang mukmin kuat dalam menjalani kehidupan. Keimanan yang kuat dan tidak goyah menjadikan seorang mukmin manusia terbaik yang diharapkan.

Kisah Nabi Ibrahim Saat Hendak Dicabut Nyawa, Bagaimana Seharusnya Umat Islam Menyikapi Kematian?

Agama Islam adalah agama yang sempurna dan logis. Artinya Anda bisa menggali apa yang ada dalam agama Islam, sehingga keyakinan yang ada dalam pikiran bukan hanya doktrin tetapi keyakinan yang masuk akal. Kita bisa bertanya sehingga keraguan yang berkecambuk akan hilang dalam dada, berubah menjadi keyakinan yang paripurna.

Bagi seorang mualaf jangan ragu untuk mengkaji Islam dengan membaca terjemahan Al-Qur’an, hadits dan buku-buku Islam lainnya. Namun harus dibimbing oleh ustadz atau guru. Hal ini agar menghindari pemahaman yang keliru. Ilmu agama Islam yang berkaitan dengan konsep keimanan, yaitu: Aqidah dan Tauhid

Halaman Selanjutnya
img_title