Mengapa Allah Swt Merahasiakan Waktu Malam Lailatul Qadar? Ini Hikmah dan Alasannya!

Ilustrasi malam lailatul qadar.
Sumber :
  • Freepik.com

Mindset – Dalam sepuluh malam terakhir Ramadan, umat Islam selalu mencari Lailatul Qadar, malam yang di dalamnya terkandung keistimewaan yang luar biasa. Namun, mengapa Allah Swt memilih untuk merahasiakan waktu malam yang begitu berharga ini? Apakah ada hikmah dibalik keputusan-Nya untuk merahasiakannya?

Nuzulul Quran atau Lailatul Qadar Sama-sama Saat Turunnya Al-Quran?

Dalam kitab Hasyiyah I’anah, karya Usman ibn Mohamed menerangkan bahwa salah satu hikmah ataupun alasan utama Allah Swt merahasiakan malam Lailatul Qadar adalah untuk membangkitkan semangat umat Islam dalam menjalani ibadah selama sepuluh malam terakhir Ramadhan.

Kekhususan ini adalah warisan untuk umat Nabi Muhammad Saw yang akan terus ada hingga hari kiamat.

Bupati Ciamis Bagikan Sembako dan Beasiswa Saat Tarling Ramadan, Warga Panumbangan Sumringah

Dengan merahasiakan waktu malam yang penuh berkah ini, umat Islam diajak untuk menghidupkan seluruh malam dengan ibadah dan dzikir kepada-Nya.

Hikmah dan Alasan Waktu Malam Lailatul Qadar Dirahasiakan 

Kapan Waktu Malam Lailatul Qadar Terjadi? Ini Pendapat Para Ulama!

Photo :
  • Freepik/Sketchepedia
Niat Puasa Ramadan yang Benar, 'Ramadana' atau 'Ramadani'?

Dalam kitab al-Gunyah li Thalibi Thariq alHaq fi al-Akhlaq wa al-Tasawwuf, wa al-Adab al-Islamiyyah karya Abd al-Qadir al-Jailani al-Hasani menyebutkan, Allah Swt merahasiakan Lailatul Qadar untuk mencegah kaum Muslim dari kesombongan dan ketergantungan yang salah terhadap malam tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title