Masih Nganggur? Yuk ikut Pendaftaran Kartu Prakerja 2023, Insentifnya Gede!

Ilustrasi Kartu Prakerja 2023.
Sumber :
  • Istimewa

Mindset – Masih menganggur di tahun 2023? jangan keburu bingung ada program dari pemerintah yang cocok buat sobat. Pemerintah Republik Indonesia akan kembali membuka pendaftaran Kartu Prakerja 2023. Bahkan bocoran menyebutkan jumlah insentif gede menanti para pendaftar yang lolos untuk gelombang 48 ini.

Sidang MK Hari Ini, Keterangan 4 Menteri dan DKPP terkait Bansos

Melansir VIVA.co.id, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerangkan, Pemerintah akan melakukan penyesuaian skema Kartu Prakerja seiring melandai-nya pandemi Covid-19. Penyesuaian tersebut yakni dari semula berbentuk semi bantuan sosial (Bansos) menjadi skema normal pada pendaftaran Kartu Prakerja 2023.

Lebih lanjut Airlangga menjelaskan, Program Kartu Prakerja 2023 akan fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja. Hal ini merupakan konsep awal dari Program Kartu Prakerja saat pertama kali dicanangkan.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya Laksanakan Tarling Perdana Ramadan 1445 H

Pemerintah pun menyesuaikan besaran bantuan yang diterima pada skema normal yang akan diberlakukan. Sehingga jumlah bantuan yang diterima peserta Kartu Prakerja 2023 mendapat RP4,2 juta. 

Baca juga: Insentif 4,2 Juta! Berikut Cara Daftar Akun Kartu Prakerja 2023

Bupati Ciamis Minta Pengawasan Ketat, Proyek Pengaspalan Jalan Banjarsari-Nambo Harus Sesuai Standar

Jumlah tersebut terdiri dari bantuan biaya pelatihan Rp3,5 juta. Insentif pasca kegiatan pelatihan Rp600 ribu untuk 1 kali penerimaan, Terakhir insentif survei Rp100 ribu untuk pengisian dua kali survei oleh peserta Kartu Prakerja 2023.

Sebelumnya, bantuan Kartu Prakerja tahun 2022 dari Pemerintah memberikan Rp3,55 juta untuk setiap peserta. Jumlah ini terdiri dari biaya pelatihan Rp1 juta, insentif 2,4 juta  yang dibayar pasca pelatihan dan dibagikan secara bertahap sebanyak Rp600 ribu untuk 4 bulan. Terakhir insentif survei Rp150 ribu.

Halaman Selanjutnya
img_title