Apa itu PPATK? Simak Penjelasan Tugas dan Fungsinya Disini

Apa itu PPATK? Simak penjelasan tugas dan fungsinya disini!
Sumber :
  • Ist

Jakarta, Mindset – Apa itu PPATK? warganet mempertanyakan terkait lembaga yang tengah menjadi perbincangan hangat saat ini. PPATK menjadi trending pencarian usai membuat laporan terkait dugaan transaksi janggal Rp189 Triliun di lingkungan Kementerian Keuangan RI.

Jadwal Sidang Sengketa Pilpres 2024 di MK Hari Ini Kamis 28 Maret

Mahfud MD selaku Menkopolhukam dan Komite Nasional Koordinasi Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (KNK-PP-TPPU). Menyampaikan laporan tersebut di Komisi III DPR RI, Rabu (29/3/2023). Proses persidangan yang dilakukan secara live ini menyita perhatian publik. 

Lantas, Apa Itu PPATK?

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan atau disingkat PPATK adalah lembaga pemerintah Indonesia yang berfungsi untuk mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang dan pendanaan terorisme. Secara kelembagaan PPATK berada di bawah koordinasi dan pengawasan Kementerian Keuangan.

Deklarasi Fredi Darmawan di Ciamis, Caleg PSI Dapil Jabar X Ini Mantapkan Komitmen untuk Rakyat

Melansir laman ppatk.go.id, melalui Undang-undang Nomor 15 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang(TPPU) PPATK pertama kali diperkenalkan di Indonesia. UU tersebut diundangkan 17 April 2002, lalu.

Selanjutnya, tanggal 13 Oktober 2003, pada UU tersebut ada perubahan dengan UU Nomor 25 Tahun 2003 tentang Perubahan atas UU nomor 15 Tahun 2002 tentang TPPU. 

Pertalite Bakal Diganti Jadi Pertamax Green 92: Pertamina Ajukan Permohonan Impor Etanol Tanpa Cukai

Halaman Selanjutnya
img_title