Samakah Waktu Haji dan Umrah? Simak Penjelasannya Menurut 4 Mazhab

Ilustrasi Tawaf mengelilingi Kabah
Sumber :
  • Pixabay / Konevi

MindsetIbadah haji dan ibadah umrah memiliki kesamaan dan juga memiliki perbedaan. Salah satu perbedaan tersebut dalam hal waktu haji dan waktu umrah

8 Pintu Surga dan 8 Golongan yang Berhak Masuk Menurut Kitab Nusantara

Merujuk pada Al-Quran Surah Al-Baqarah ayat 189 dan 197, Ibadah Haji memiliki waktu spesifik. Artinya, Ibadah haji hanya bisa dilakukan pada waktu-waktu tertentu. 

Kita biasa menyebut waktu ibadah haji sebagai bulan-bulan haji. Nah, lalu seperti apa penjelasan 4 mahzab dalam Islam tentang bulan-bulan haji, Sobat Mindset?

Hari Natal 2023 Sebentar Lagi, Mau Tahu Hari Lahir Nabi Isa menurut Islam?

Ilustrasi Waktu Ibadah

Photo :
  • Pixabay / anncapictures

Menurut Mazhab Maliki, bulan-bulan haji adalah bulan Syawwal, Dzulqa’dah, dan Dzulhijjah. Waktu 3 bulan tersebut merupakan waktu orang-orang boleh menunaikan ibadah haji. 

6 Tindakan yang Terlarang Saat Akan Pulang Ibadah Haji

Sementara itu, sedikit berbeda menurut Mazhab Hanafi dan Hambali tentang waktu ibadah haji. Menurut mazhab ini, bulan-bulan haji adalah bulan Syawwal, Dzulqa’dah, dan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. 

Perbedaannya tampak bahwa sementara bagi Mazhab Maliki seluruh bulan Dzulhijjah merupakan bagian dari waktu haji, bagi Mazhab Hanafi dan Hambali hanya 10 pertama dari bulan tersebut. 

Halaman Selanjutnya
img_title