KFC, McDonald's Sampai Starbucks Mulai Terkalahkan oleh Brand Lokal di Tiongkok: Ini Kuci Suksesnya!
- Ist
Jakarta, Mindset – Dalam beberapa tahun terakhir, brand global seperti KFC, McDonald's, dan Starbucks menghadapi tantangan berat dari brand lokal di Tiongkok. Brand-brand lokal ini tidak hanya bertahan, tetapi juga mulai mendominasi pasar. Apa sebenarnya kunci sukses mereka?
Mengutip video channel Youtube Dr. Indrawan Nugroho, brand lokal di Tiongkok seperti Tasty dan Wallace telah menemukan cara untuk bersaing dengan raksasa global ini.
Tasty, yang terkenal dengan burger isian khas Tiongkok seperti bebek Peking, telah membuka 1.600 gerai baru dalam enam bulan terakhir.
Wallace, yang mirip dengan KFC, kini memiliki lebih dari 20.000 gerai di seluruh Tiongkok. Begitu pula dengan kopi lokal seperti Luckin Coffee dan Koti yang telah membuka ribuan gerai baru dan menargetkan ekspansi lebih besar lagi.
Strategi Brand Lokal Tiongkok Saingi KFC, McDonald's Sampai Starbucks
Salah satu kunci sukses brand lokal adalah strategi harga yang lebih murah.