Fidget Spinner Bantu Konsentrasi atau Malah Ganggu? Simak Hasil Penelitian Terbaru!

Ilustrasi orang memainkan fidget spinner.
Sumber :
  • Freepik

Mindset – Benarkah fidget spinner bisa membantu konsentrasi atau malah mengganggu fokus kita? Yuk simak pembahasannya biar paham lebih detail!

Spesifikasi Galaxy Watch7, Jam Tangan Pintar dengan Sensor AI untuk Pantau Kesehatan Lebih Cermat

Fidgeting atau kebiasaan menggoyangkan tubuh ketika harus berkonsentrasi adalah fenomena umum. Mulai dari menggambar di buku catatan, mengetuk pena, hingga memutar fidget spinne.

Banyak dari kita memiliki cara tersendiri untuk mencoba menjaga fokus saat melakukan aktivitas seperti belajar, bekerja, atau rapat daring.

Desa Jalatrang Gelar Rembug Stunting, Upaya Konkret Menurunkan Angka Stunting

Namun, apakah benar fidgeting dapat membantu kita fokus, atau justru menjadi pengganggu? Berdasarkan penelitian terbaru, jawabannya ternyata tidak sesederhana yang kita bayangkan.

Hubungan Antara Fidgeting dan Konsentrasi

Menurut Julie Schweitzer, seorang profesor psikiatri dan ilmu perilaku di UC Davis, fidgeting atau gerakan intrinsik alami (seperti menggoyangkan jari, mengetuk kaki, atau bergoyang) bisa membantu meningkatkan konsentrasi pada beberapa individu. Terutama mereka yang memiliki gangguan pemusatan perhatian seperti ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). 

Mengatasi Mental Block: Teknik untuk Mengubah Hambatan Menjadi Peluang

Dalam penelitiannya, Schweitzer menemukan bahwa orang dengan ADHD cenderung melakukan lebih banyak gerakan intrinsik ketika menghadapi tugas kognitif yang menuntut.

Halaman Selanjutnya
img_title