3 Perempuan Pernah menjadi Dirut Pertamina, termasuk Nicke Widyawati

Ilustrasi Dirut Pertamina Perempuan
Ilustrasi Dirut Pertamina Perempuan
Sumber :
  • Pixabay / geralt

Mindset –Indonesia memiliki banyak figur perempuan hebat termasuk yang kini paling menonjol adalah Sri Mulyani yang menjabat sebagai Menteri Keuangan. Banyak kepala daerah di Indonesia yang juga dijabat oleh perempuan. 

Fakta-fakta tersebut membuktikan bahwa jika diberi kesempatan maka perempuan bisa tampil di depan. Tentu syarat lainnya perempuan juga harus bisa memanfaatkan kesempatan-kesempatan yang ada. 

Pertamina adalah salah satu BUMN Indonesia yang sangat vital, bergerak dalam penambangan minyak & gas bumi. Selain itu, ada satu hal istimewa yang layak diingat dalam momen Hari Perempuan Internasional 2023 saat ini. 

Hal istimewa itu adalah fakta bahwa Pertamina pernah memiliki Dirut perempuan, termasuk saat ini. Berikut daftar 3 perempuan yang pernah menjadi Dirut Pertamina secara kronologis.

1. Karen Agustiawan

Karen Agustiawan

Karen Agustiawan

Photo :
  • viva.co.id

Karen Agustiawan merupakan Dirut Pertamina perempuan yang pertama. Beliau memegang jabatan tersebut dari 5 Februari 2009-1 Oktober 2014. 

Beliau dilahirkan di Bandung pada 19 Oktober 1958. Mengambil jurusan Teknik Fisika di ITB dan lulus tahun 1983. Pertama bergabung di Pertamina tahun 2006 sebagai staf ahli Dirut Pertamina untuk bisnis hulu. 

Pada saat memegang jabatan sebagai Dirut Pertamina, tepatnya tahun 2011, Majalah Forbes memasukkan beliau di urutan pertama pada daftar Asia’s 50 Power Businesswomen. Setelah itu beliau menjadi guru besar di Universitas Harvard, Amerika Serikat. 

2. Yenni Andayani