Waduh! Pertamina Bakal Hapus Pertalite Mulai Tahun 2024, Masihkah Ada Program Subsidi BBM?

Pertamina bakal hapus Pertalite mulai tahun 2024.
Sumber :
  • Pertamina

Jakarta, Mindset – PT Pertamina (Persero) telah mengumumkan rencananya untuk menghentikan penjualan bensin Pertalite pada tahun 2024. Keputusan ini diambil sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk bensin serta mematuhi regulasi lingkungan yang lebih ketat.

Deklarasi Fredi Darmawan di Ciamis, Caleg PSI Dapil Jabar X Ini Mantapkan Komitmen untuk Rakyat

Sebagai penggantinya, Pertamina akan memusatkan perhatiannya pada tiga jenis bensin utama. Diantaranya dengan Pertamax Green 92 menjadi produk terbaru yang diperkenalkan.

Langkah ini sejalan dengan inisiatif strategis Pertamina yang dikenal dengan program "Langit Biru.” Tujuannya untuk meningkatkan kualitas bahan bakar sambil mematuhi regulasi lingkungan yang lebih ketat.

Yoga Pratama: Inovator Aplikasi Pencari Ikan 'Fish Go', Mudahkan Nelayan Bali Tangkap Ikan di Laut

Dua tahun yang lalu, perusahaan telah memulai program ini dengan menaikkan kualitas Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi RON 88 menjadi RON 90.

"Dua tahun lalu, kami memulai program Langit Biru. Untuk program pertama, kami meningkatkan kualitas BBM subsidi RON 88 menjadi RON 90," kata Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati dikutip Mindset dari VIVA pada Jumat. 1 September 2023.

Spesifikasi dan Harga Royal Enfield All-New Classic 350, Motor Gaya Klasik dengan Sentuhan Modern

Nicke menyampaikan, Pertalite akan Diubah Menjadi Pertamax Green 92. Ia memohon dukungan dari DPR RI untuk rencana ini.

"Pada tahun depan, kami [Pertamina] akan meluncurkan Pertamax Green 92. Oleh karena itu, pada tahun 2024, kami mohon dukungannya untuk meluncurkan produk yang kami sebut Pertamax Green 92. Produk ini sebenarnya merupakan hasil campuran Pertalite dengan etanol, sehingga angka oktannya naik dari 90 menjadi 92," jelas Nicke.

Halaman Selanjutnya
img_title