Bupati Ciamis: Potensi Zakat ASN Bantu Sejahterakan Masyarakat

Sambutan Bupati Ciamis pada penutupan peningkatan kapasitas aparatur.
Sumber :
  • Prokopim Ciamis

Ciamis, Mindset – Potensi zakat, infak, dan sodaqoh (sodakoh) dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Ciamis dapat menjadi daya ungkit penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

PKS Ciamis Gelar Yaumul Ma'al Qur'an, Pererat Ukhuwah Islamiyah di Bulan Ramadan

Hal tersebut disampaikan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dalam acara pembinaan aparatur kecamatan dan desa di Gedung Dakwah Kecamatan Banjarsari Senin (25/09/2023). 

"Jika dapat dikelola dengan baik, tentu dari zakat ini akan membantu kesejahteraan masyarakat, terutama bagi mereka yang membutuhkan," kata Herdiat.

Optimisme Bupati Ciamis: PSGC Menuju Liga I Setelah Keberhasilan di Porprov

Menurut Herdiat, potensi zakat di Kabupaten Ciamis ini sangat luar biasa. Jika seluruh masyarakat, termasuk ASN, memberikan zakat, infak, dan sodaqoh, kontribusinya dapat setara dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) setiap tahunnya.

"Harus ingat bahwa dalam setiap rezeki atau harta yang kita peroleh, terdapat hak orang lain yang membutuhkan," ujarnya.

Bupati Ciamis Bagikan Sembako dan Beasiswa Saat Tarling Ramadan, Warga Panumbangan Sumringah

Sebagai seorang muslim, Herdiat mengingatkan bahwa kewajiban untuk memberikan zakat diperuntukkan bagi mereka yang telah masuk nisabnya. Diantaranya para ASN dengan zakat profesinya yang harus ditunaikan.

Lebih lanjut, Herdiat mengungkapkan, di Kabupaten Ciamis tercatat bahwa hampir di setiap desa dan kecamatan, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) telah terbentuk. Lembaga tersebut ada untuk memudahkan masyarakat dalam menyalurkan sodaqoh dan infak mereka. 

Halaman Selanjutnya
img_title