Pemkab Ciamis Bersama RSM Cicendo & Yayasan Karya Alpha Omega Gelar Baksos Operasi Katarak Gratis

Bupati Ciamis tinjau pelaksanaan Baksos Operasi Katarak.
Sumber :
  • Dok. Prokopim Ciamis

Mindset, Ciamis – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung, dan Yayasan Karya Alpha Omega Jakarta menggelar bakti sosial (baksos) operasi katarak gratis. Kegiatan berlangsung di di Puskesmas Ciamis, pada hari Selasa (13/06/2023).

Infak Desa: Kunci Sukses Baznas Ciamis yang Dijadikan Studi Tiru oleh 5 Daerah DIY

Baksos operasi katarak gratis ini digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-381. Sebanyak 100 orang peserta yang berasal dari 37 Puskesmas di Kabupaten Ciamis dilakukan penanganan operasi katarak.

Sebelumnya para pasien yang mengidap penyakit mata katarak ini telah menjalani tahap penyaringan awal oleh petugas Kes Indera Puskesmas.

PKS Ciamis Gelar Yaumul Ma'al Qur'an, Pererat Ukhuwah Islamiyah di Bulan Ramadan

''Baksos operasi katarak gratis ini merupakan upaya dari Pemerintah Daerah untuk memberikan layanan dasar, khususnya di bidang kesehatan mata seperti operasi katarak. Dengan bekerja sama dengan RSM Cicendo Bandung dan Yayasan Karya Alpha Omega Jakarta yang turut membantu pembiayaan dan penanganan," kata Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat meninjau pelaksanaan kegiatan Baksos Operasi Katarak Gratis. 

Bupati Ciamis menyapa warganya yang akan operasi katarak.

Photo :
  • Dok. Prokopim Ciamis
Optimisme Bupati Ciamis: PSGC Menuju Liga I Setelah Keberhasilan di Porprov

Herdiat menerangkan, baksos operasi katarak ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang memerlukan pengobatan agar bisa melihat jelas kembali. Dalam pelaksanaan operasi katarak ini peserta tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.

''Biaya operasi katarak ini cukup mahal, antara empat hingga lima juta rupiah per orang. Alhamdulillah, kami dapat memberikan kesempatan kepada 100 orang masyarakat yang menderita penyakit mata katarak untuk menjalani operasi secara gratis," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title