6 Jenis Tempat Tinggal di Surga, dari Rumah sampai Istana Emas

Ilustrasi Istana Surga
Sumber :
  • Pixabay / SarahRichterArt

Mindset –Setiap orang yang masuk surga akan mendapatkan tempat tinggal khusus. Tempat tinggal tersebut berbeda-beda dari segi jenisnya, lokasinya, sampai keindahannya sesuai dengan ibadah dan amal kebaikan saat di dunia. 

8 Pintu Surga dan 8 Golongan yang Berhak Masuk Menurut Kitab Nusantara

Dalam sebuah hadis dikatakan bahwa standar paling rendah tempat tinggal di surga adalah tempat tinggal terbuat dari 1 mutiara. Di dalam Mutiara itu terdapat kamar-kamar. 

Dikatakan juga bahwa istana-istana di surga memang terbuat dari emas, perak, mutiara, yakut, dan batu permata seperti zamrud. 

Bagaimana Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar? Begini Menurut Keterangan Hadis!

Dalam hadis ataupun Al Quran juga ada penjelasan lebih spesifik tentang seperti apa dan untuk siapa rumah atau istana di surga. Berikut Mindset rangkumkan dari kitab Ibnu Qayyim al-Jauziyyah 5 jenis tempat tinggal tersebut. 

1. Ghuraf

Ghuraf terdapat dalam Al Quran surah Az-Zumar ayat 20, biasa dimaknai bangunan atau kamar-kamar yang tinggi. Dalam hadis nabi disebutkan bahwa bagian luar bangunan itu bisa dilihat dari dalam dan bagian dalamnya bisa dilihat dari luar. 

Mengapa Penting Mencari Lailatul Qadar? Ini Dalil Anjurannya!

Dikatakan bahwa tempat tinggal seperti itu untuk orang yang baik ucapannya, memberikan makanan kepada orang lain, senantiasa mengerjakan puasa dan salat malam ketika orang-orang lain sedang tidur. 

Halaman Selanjutnya
img_title