Wajib Tahu! 2 Sastrawan Besar Islam Pernah Dituduh Plagiat

Ilustrasi Hak Cipta
Sumber :
  • freepik.com

Mindset –Sudah menjadi pengetahuan umum kalau seorang penulis tidak boleh melakukan plagiat. Hal tersebut berlaku bukan hanya untuk tulisan ilmiah, tetapi juga karya sastra

5 Hal tentang Jalaluddin al-Suyuthi, Ulama yang Dikutip dalam Sidang MK Pilpres 2024

Untuk tulisan ilmiah pasti Sobat Mindset sudah beberapa kali mendengar kisah pejabat di dunia pendidikan yang melakukan plagiat atau plagiarisme karya mahasiswanya. 

Hukuman untuk pelaku-pelaku semacam itu tentu mencakup sanksi di ranah hukum karena plagiat melanggar hak cipta. Selain itu, kredibilitas mereka juga langsung turun drastis. 

Sembako Mahal? Ini Cara Menyikapinya Ala Ulama Tasawuf Imam Qusyairi

Sementara di dunia sastra Indonesia, bahkan penyair besar seperti Chairil Anwar pun tersandung kasus plagiat. Laskar Pelangi karya Andrea Hirata juga pernah dituduh karya plagiat. 

Chairil Anwar

Photo :
  • Wikipedia
Dajjal Jadi Trending Topik di Twitter X, Ini Doa Agar Terhindar dari Fitnahnya

Beberapa puisi yang Chairil Anwar sodorkan kepada redaktur sebagai karya dia ternyata di belakang hari ketahuan merupakan saduran penyair luar. 

Dalam kasus Chairil Anwar, dia melakukan hal tersebut karena tuntutan ekonomi. Para kritikus juga biasa memperdebatkan apakah beberapa bagian dalam karyanya merupakan bentuk plagiat atau sekadar pengaruh. 

Pelaku kasus plagiat di dunia sastra biasanya mendapat sanksi sosial yang bisa berlaku seumur hidup jika dia melakukan plagiat seumur hidup. 

Halaman Selanjutnya
img_title