Ai Nurhidayat Penggagas Sekolah Multikultural, Penjaga Toleransi Keberagaman dari Pangandaran

Ai Nurhidayat Penggagas Sekolah Multikultural dari Pangandaran.
Sumber :
  • Instagram/AiNurhidayatMars

Pangandaran, Mindset – Ai Nurhidayat merupakan sosok pemuda kelahiran asli Pangandaran, Jawa Barat, yang telah menorehkan jejak cemerlang dalam memajukan pendidikan multikultural di tanah kelahirannya.

PKS Ciamis Gelar Yaumul Ma'al Qur'an, Pererat Ukhuwah Islamiyah di Bulan Ramadan

Setelah menyelesaikan studinya di Universitas Paramadina, Jakarta, Kang Ai, begitu ia akrab disapa, memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya dan mewujudkan cita-citanya mendirikan sebuah sekolah.

Awalnya, ia membentuk sebuah komunitas literasi yang diberi nama Komunitas Belajar Sabalad. Di malam hari, anggota komunitas ini, terdiri dari pemuda-pemuda sekitar Pangandaran, berkumpul di rumah Kang Ai untuk berdiskusi dan berbagi pengetahuan hingga larut malam.

Pemuda PUI Garut Periode 2024-2027 Dilantik, Agus Nurjaman Kembali Pimpin Kedua Kalinya

Dari interaksi ini, muncullah Komunitas Belajar Sabalad dengan moto unik, "Mencari ilmu selama-lamanya, mencari kawan sebanyak-banyaknya." 

Kang Ai tidak hanya mengadakan program literasi, tetapi juga kegiatan produktif lain seperti berkebun, beternak, dan memproduksi pupuk kandang, pakan domba, bahkan madu murni.

Jadwal Imsakiyah Wilayah Ciamis, Banjar, dan Pangandaran untuk Puasa Hari Pertama 12 Maret 2024

Komunitas ini terus berkembang, mayoritas anggotanya adalah pemuda setempat. Setiap hari, Kang Ai dengan penuh semangat mengelola komunitasnya.

Awal Mula Sekolah Multikultural SMK Bhakti Karya Parigi 

Halaman Selanjutnya
img_title