Tahun Baru Islam Bertolak dari Hijrah Nabi, Ini 5 Ayat Hijrah dan Tafsirnya

Ilustrasi Nabi Muhammad Pembawa Cahaya Islam
Sumber :
  • freepik.com

MindsetHijrah nabi diperingati setiap tahun karena momen bersejarah tersebut dijadikan patokan kalender hijriyah. Dengan demikian, setiap memperingati tahun baru Islam, kita mengenang hijrah nabi. 

8 Pintu Surga dan 8 Golongan yang Berhak Masuk Menurut Kitab Nusantara

Hijrah nabi pada masa itu berlangsung untuk menghindari segala tekanan kaum kafir Quraisy di Mekah. Nabi dan umat Islam kemudian melakukan hijrah ke kota Medinah. 

Akan tetapi selain melakukan hijrah fisik, nabi juga menunjukkan makna hijrah yang lain. Di Medinah nabi membangun kota tersebut sehingga memiliki basis filosofis yang lebih baik dari sebelumnya.

Cuaca Panas Akibat Polusi Udara, Ini yang Harus Dilakukan Menurut Nabi

Berbagai aturan dan kesepakatan baru diberlakukan. Ada tenggang rasa dan saling menghormati antara masyarakat yang berbeda agama, dan lain sebagainya. 

Ilustrasi Hijrah

Photo :
  • freepik.com
10 Efek Buruk Pelaku Gibah, Salah Satunya Tersiksa Saat Sekarat

Dengan kata lain, hijrah juga bermakna lebih mendalam berupa perubahan dalam tataran konsep dan pemikiran. Jika pun kini kita tidak dituntut untuk melakukan hijrah fisik, maka kita bisa melakukan hijrah batin. 

Di dalam Al Quran sendiri ada ayat-ayat hijrah yang bisa menjadi landasan kita untuk melaksanakan hijrah pada zaman sekarang. 

Halaman Selanjutnya
img_title