Apa Itu Bea Cukai? Ini Penjelasan Sejarah, Fungsi dan Tugasnya

Pegawai Bea Cukai.
Sumber :
  • Dok. Bea Cukai Customs

Mindset – Apa itu Bea Cukai? masyarakat Indonesia mesti tahu tentang institusi pemerintah satu ini. Terutama para pengusaha yang bergerak di bidang impor dan ekspor barang. Berikut dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai sejarah, fungsi dan tugas Instansi pemerintah ini.

Apa Itu LPEI? Lembaga Pembiayaan yang Diduga Tersandung Kasus Korupsi Rp2,5 Triliun

Bea Cukai adalah sebuah institusi pemerintah yang bertanggung jawab atas pengawasan dan pengendalian masuknya barang-barang impor ke dalam suatu negara serta keluarnya barang-barang ekspor dari suatu negara.

Institusi ini memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keamanan nasional. Terutama dalam mengatur perdagangan internasional, serta mengumpulkan pendapatan negara melalui pungutan bea masuk, cukai, dan pajak lainnya.

Sejarah Bea Cukai di Indonesia 

Jadwal Samsat Keliling Ciamis, Selasa 21 November 2023

Ilustrasi export & import yang menjadi pengawasan Bea Cukai.

Photo :
  • Freepik.com

Sejarah Bea Cukai di Indonesia dimulai pada masa kolonial Belanda. Di mana saat itu Bea Cukai dikenal dengan nama Invoerrechten en Accijnzen.

Bupati Ciamis Minta Pengawasan Ketat, Proyek Pengaspalan Jalan Banjarsari-Nambo Harus Sesuai Standar

Setelah Indonesia merdeka, Bea Cukai berubah nama menjadi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC). Lembaga pemerintah ini menjadi salah satu bagian dari Kementerian Keuangan.

Halaman Selanjutnya
img_title