Apa Sistem Pemilu Proporsional Tertutup? Ini Penjelasan Kekurangan dan Kelebihannya

Sistem Pemilu Proporsional Tertutup.
Sumber :
  • Ist

Politik, MindsetSistem pemilu proporsional tertutup merupakan salah satu sistem pemilihan umum di mana masyarakat hanya dapat memilih partai politik saja, bukan calon wakil rakyat secara langsung.

Talkshow Kopdar TKN Fanta di Cilacap, Herlinawati dan Endah Cahya Bahas Pendidikan & Pemilu 2024

Pada sistem pemilu proporsional tertutup, pemilih hanya mencoblos tanda gambar atau lambang partai pada surat suara, karena tidak tersedia daftar kandidat wakil rakyat di surat suara. 

Sedangkan dalam sistem pemilu proporsional terbuka, masyarakat pemilih dapat mencoblos nama atau foto kandidat langsung yang dicantumkan di surat suara Pemilu.

Kelebihan Sistem Pemilu Proporsional Tertutup

Deklarasi Dukungan Prabowo-Gibran di Tasikmalaya, Capres-Cawapres Ini Makin Populer di Jabar

Kelebihan dari sistem pemilu proporsional tertutup adalah dapat mendorong peningkatan peran partai politik dalam kaderisasi sistem perwakilan.

Selanjutnya, sistem ini pun dapat mendorong institusionalisasi partai politik dan mempermudah penilaian kinerja partai politik. Terakhir yang terpenting adalah menekan politik uang ke masyarakat dan korupsi politik lainnya.

Siapa Cawapres Ganjar Pranowo? Megawati Akan Umumkan Hari Ini!

Namun, sistem ini juga memiliki kekurangan, diantaranya seperti: pengkondisian mekanisme pencalonan kandidat wakil rakyat yang tertutup. 

Halaman Selanjutnya
img_title