Angka Stunting dan Kemiskinan di Kabupaten Ciamis Menurun

Wabup Ciamis saat memaparkan angka kemiskinan dan stunting.
Sumber :
  • Dok. Prokopim Ciamis

Ciamis, Mindset – Angka stunting dan angka kemiskinan di Kabupaten Ciamis mengalami penurunan pada tahun 2022. 

Optimisme Bupati Ciamis: PSGC Menuju Liga I Setelah Keberhasilan di Porprov

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra saat mengikuti  Roadshow Percepatan Penurunan Stunting dan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem secara virtual dengan Kemenko PMK secara virtual. Kegiatan tersebut diikuti dari Ruang Oproom Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Kamis (19/1).

"Keberhasilan capaian penekanan angka tersebut tidak lepas dari kerjasama dan sinergitas lintas sektor diantaranya dengan melibatkan 10 OPD di Kabupaten Ciamis," ujarnya. 

Bupati Ciamis Bagikan Sembako dan Beasiswa Saat Tarling Ramadan, Warga Panumbangan Sumringah

Baca juga: Masuki Tahun Anggaran 2023, Bupati Ciamis Ajak OPD Tingkatkan Kolaborasi dan Sinergitas

Dalam pemaparannya kepada Menko PMK Muhadjir Effendy, Yana mengungkapkan, angka stunting di Kabupaten Ciamis berdasarkan data mengalami penurunan sebanyak 1,5 persen dari tahun 2021. Untuk tahun 2022 berada pada angka 3,4 persen

Isi Kekosongan Jabatan, Bupati Ciamis Lantik 2 Dirut Perumda: PDAM Tirta Galuh dan BPR Galuh Ciamis

Lebih lanjut, terkait dengan kasus balita dengan berat badan kurang (Underweight), Stunting dan gizi buruk dan gizi kurang (Wasting) dari tahun 2021 ke tahun 2022 terjadi penurunan. Masing-masing sebanyak 0,3 persen (Underweight), 1,5 persen (Stunting) dan 0,5 persen (Wasting). 

Berbagai inovasi menurunkan angka stunting ini pun dilakukan seperti Pendampingan khusus keluarga balita malnutrisi (Paku Besi). Inovasi sistem informasi kesehatan remaja halo cinta (Si Keren Halo Cinta). Inovasi Gerakan bersama cegah stunting masyarakat ciamis (Gerabah Stunting Manis).

Halaman Selanjutnya
img_title