Justitia Avila Veda Penggagas KAKG, Pendamping Pro Bono Bagi Korban Kekerasan Seksual

Justitia Avila Veda Penggagas KAKG.
Sumber :
  • SATU Indonesia - Design/MindsetVIVA

Bandung, Mindset – Justitia Avila Veda sosok wanita inspiratif asal Jawa Barat yang menjadi penggagas Kelompok Advokat untuk Keadilan Gender (KAKG) berhasil meraih apresiasi publik atas gebrakannya. Melalui lembaga tersebut dia berjuang untuk suarakan keadilan dan pemulihan bagi korban kekerasan seksual.

5 Jasa Kartini, Penting untuk Bahan Renungan Hari Kartini 2024

Kekerasan seksual menjadi trauma yang tak hanya merusak fisik, namun juga meninggalkan bekas yang mendalam pada aspek psikis dan sosial korban. Dampaknya dapat meliputi luka fisik, penularan penyakit menular seksual, hingga merenggut nyawa korban.

Di sisi lain, teror psikologis dari kejadian traumatis dapat memicu depresi, ketakutan, PTSD, bahkan pikiran untuk melakukan tindakan bunuh diri atau melukai diri sendiri.

5 Info tentang Amicus Curiae, Muncul Lagi Terkait Perkara Pilpres 2024

Tak hanya itu, korban juga harus memikul beban sosial dan ekonomi yang berat. Stigma dan penolakan dari keluarga atau masyarakat seringkali menjadi tambahan penderitaan. 

Padahal, mereka seharusnya mendapat dukungan untuk memulihkan diri. Baik dalam aspek kesehatan fisik maupun mental, serta mendapatkan bantuan hukum yang mereka perlukan.

PKS Ciamis Gelar Yaumul Ma'al Qur'an, Pererat Ukhuwah Islamiyah di Bulan Ramadan

Kekerasan seksual bisa menimpa siapa saja, tanpa memandang jenis kelamin atau orientasi seksual.

Meskipun mayoritas kasus masih melibatkan perempuan sebagai korban, tidak dapat diabaikan bahwa laki-laki dan kelompok minoritas seksual juga rentan terhadap kekerasan ini.

Halaman Selanjutnya
img_title