BMKG Perkirakan Cuaca Ekstrem Terjadi Pada 30 Desember, Wilayah Jabodetabek Tak Termasuk

Pengendara motor saat situasi hujan.
Sumber :
  • Unplash.com

Mindset – Penghujung tahun 2022 cuaca ekstrem dalam bentuk hujan lebat dan angin kencang akan mengepung wilayah Jabodetabek. BMKG memperkirakan potensi cuaca ekstrem terjadi pada 30 Desember 2022, nanti. 

PKS Ciamis Gelar Yaumul Ma'al Qur'an, Pererat Ukhuwah Islamiyah di Bulan Ramadan

Melansir laman BMKG, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan perkiraan terjadinya cuaca ekstrem yang berasal dari simulasi. Dalam pemaparannya disebutkan, bahwa kecenderungan hujan di wilayah Jabodetabek sangat lebat pada 30 Desember, mendatang. Sementara untuk 28 Desember wilayah Jabodetabek hanya mengalami hujan dengan intensitas sedang.

Perlu diketahui, sebelumnya masyarakat Jabodetabek diresahkan dengan ramainya prediksi badai dahsyat yang terjadi pada 28 Desember 2022. Perkiraan cuaca ekstrem dengan  badai dahsyat ini disampaikan oleh Pusat Riset Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). 

Pemuda PUI Garut Periode 2024-2027 Dilantik, Agus Nurjaman Kembali Pimpin Kedua Kalinya

"Sebagaimana perkiraan justru Jawa Barat, Jabodetabek sampai 28 Desember insya allah masih relatif aman. Namun berdasarkan analisis perkiraan cuaca mulai dari 29 Desember harus diwaspadai," papar Dwikorita dalam konferensi pers, Selasa (27/12).

Baca juga:

Bupati Ciamis Ucapkan Terima Kasih kepada Dandim 0613 Lama dan Sambut Dandim Baru dengan Antusias

Dwikorita pun menjelaskan, BMKG dalam menafsirkan situasi cuaca ada 28 Desember 2022 cenderung tidak menggunakan terminologi badai. Lain halnya dengan peneliti BRIN yang secara jelas memperkirakan akan terjadinya badai pada tanggal tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title