Antisipasi Badai Dahsyat 28 Desember 2022, BNPB Lakukan Modifikasi Cuaca

Ilustrasi sesorang memakai payung saat hujan.
Sumber :
  • Unplash.com

Mindset – Untuk mengantisipasi cuaca ekstrim, hujan deras disertai badai yang telah diprediksikan akan terjadi pada Rabu 28 Desember 2022. Badan nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama TNI AU serta Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan mengantisipasi melalui Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Bupati Ciamis Ingatkan Masyarakat untuk Tingkatkan Kewaspadaan Menghadapi Cuaca Ekstrim

Mengutip dari Peneliti Klimatologi, pada Pusat Riset Iklim, dan Atmosfer, BRIN, Erma Yulihastin, dalam unggahan-nya di Twitter, Selasa (27/12). Bahwa akan ada potensi banjir besar yang melanda Jabodetabek. Pada imbauan tersebut mengingatkan kepada warga yang tinggal di Jabodetabek, terutama Tangerang dan Banten, agar mempersiapkan diri dengan cuaca hujan ekstrim disertai badai dahsyat pada esok hari, 28 Desember 2022.

Dalam prakiraan BRIN menyebutkan, berdasarkan analisis data dari Satelite Early Warning System (Sadewa). Menerangkan, badai dahsyat yang datang dari laut akan beralih ke darat melalui jalur barat dengan angin baratan dengan membawa hujan badai laut. Dilanjutkan dari utara melalui angin permukaan yang sangat kuat.

Jakarta dan Bekasi akan menjadi wilayah sentra serangan badai

Pertamax Naik Jadi Rp13.300 per Liter, Pertalite dan Solar Harga Tetap

Bus melaju dalam situasi hujan.

Photo :
  • Unplash.com

Erma menerangkan, wilayah Banten, Jakarta dan Bekasi akan menjadi wilayah sentra serangan badai ini. Prakiraan akan terjadi dari siang hingga malam hari pada 28 Desember 2022, besok.

Penggumpalan Darah Pada Otak, Salah Satu Penyebab Kematian Pak Ogah

Ditambahkan Erma, kondisi konvergensi darat akan masif. Sehingga hujan persisten pada 28 Desember 2022 akan sangat meluas, bahkan mejangkau wilayah bagian barat.

Halaman Selanjutnya
img_title