200 Juta Pengguna Mingguan! Mengapa Banyak Orang Malu Mengaku Pakai ChatGPT?

Ilustrasi ChatGPT 4.
Sumber :
  • Unplash

Nusantara, MindsetChatGPT, platform kecerdasan buatan milik OpenAI, kini telah mencapai 200 juta pengguna aktif mingguan, seperti yang dilaporkan oleh Axios. 

Windows Recall Hadir Lagi! Fitur Baru di Copilot+ yang Tuai Kontroversi*

Jumlah ini meningkat dua kali lipat sejak November 2023, menunjukkan peningkatan minat dan ketergantungan yang signifikan terhadap alat AI ini. 

Bahkan, OpenAI juga mengungkapkan bahwa 92 persen perusahaan Fortune 500 kini menggunakan produknya, menandakan adopsi AI generatif yang semakin luas di dunia korporasi.

Elon Musk Perkenalkan Grok-2 Mini: AI Cerdas yang Lebih Ringkas dan Cepat untuk Pengguna X Premium+

Meskipun angka pengguna yang melonjak ini mencerminkan popularitas ChatGPT, tidak sedikit orang yang enggan mengakui bahwa mereka menggunakan alat ini.

Melansir ArsTechnica, kritik terhadap teknologi AI, seperti yang disampaikan oleh Ed Zitron, seorang konsultan PR dan kritikus vokal OpenAI. Dia menyoroti bahwa AI generatif tidak memiliki utilitas pasar massal yang setara dengan revolusi komputasi awan dan smartphone.

Pengguna Gratis ChatGPT Kini Bisa Ciptakan Gambar Memukau dengan DALL-E 3: Begini Caranya!

“AI generatif adalah produk tanpa utilitas pasar massal—setidaknya pada skala gerakan revolusioner seperti ledakan komputasi awan dan smartphone,” tulis Zitron dalam blognya pada Juli lalu. 

“Dan itu adalah produk yang membutuhkan biaya luar biasa untuk dibangun dan dioperasikan.”

Halaman Selanjutnya
img_title