Hardiknas, Pendidikan, dan Persoalan Kehidupan

Belajar di Alam
Sumber :
  • Pixabay / sasint

MindsetHari Pendidikan Nasional atau biasa disebut Hardiknas dirayakan tiap tanggal 2 Mei. Tanggal tersebut merupakan tanggal lahir tokoh pendidikan Indonesia Suwardi Suryaningrat atau Ki Hajar Dewantara

Azza Aprisaufa dan Solusi Kerja untuk Sarjana Masa Kini

Dari Ki Hajar Dewantara kita mendapatkan slogan kementerian pendidikan yang sejak 2021 namanya berganti Kemendikbudristek, Tut Wuri Handayani

Akan tetapi mengapa Hari Pendidikan dan bukan Hari Pengajaran? Sebagian pihak membedakan antara pendidikan dengan pengajaran. Jika yang pertama terkait otak, yang kedua terkait sikap. 

LIN Kritisi Kebijakan Pemkab Ciamis dalam Mengatasi Tingginya Pengangguran Terbuka Kalangan Pemuda

Menengok sejarah, jabatan yang pernah dipegang oleh Ki Hajar Dewantara sendiri adalah Menteri Pengajaran Indonesia, bukan Menteri Pendidikan Indonesia. Beliau menjabat pada tahun 1945. 

Baru pada tahun 1947 jabatan tersebut diganti namanya menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Perubahan tersebut mengikuti perubahan nomenklatur kementerian yang menangani pendidikan yang berubah dari Departemen Pengajaran menjadi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 

Tragedi Mei 1998 dalam Puisi Rendra, Akal Sehat Kalah oleh Pikiran Kalap

Uniknya, nomenklatur tersebut sempat kembali berubah menjadi Departemen Pengajaran, Pendidikan, dan Kebudayaan pada tahun 1955-1956. 

Bisa jadi diksi pengajaran tidak lagi dimasukkan sampai sekarang karena makna kata tersebut pada dasarnya sudah tercakup dalam diksi kebudayaan yang dipakai dalam nomenklatur.

Halaman Selanjutnya
img_title