Benarkah Pengaruh Partai Politik Menurun? Ini Penjelasannya

Prosesi penetapan nomor urut peserta Pemilu 2024.
Sumber :
  • KPU.go.id

Politik, MindsetPartai Politik memiliki peran penting dalam percaturan politik di sebuah negara. Pasalnya sistem dalam sebuah negara sangat mendukung keberadaan Partai Politik daripada perorangan, terutama dalam kasus Pemilu. Namun ada beberapa pertanyaan di era digital ini, benarkah pengaruh Partai Politik Menurun? berikut kami jelaskan dalam artikel ini.

4 Kunci Utama dari 'The Psychology of Money' yang Akan Mengubah Cara Anda Mengelola Keuangan

Beberapa ahli Politik beranggapan bahwa peran Partai Politik mengalami penurunan. Hal tersebut pun terjadi di negara-negara barat , diantaranya ditunjukan dengan berkurangnya anggota resmi dari Partai politik .

Mengapa kemunduran Partai Politik terjadi? 

Melansir buku Karya PJ Oud, Het Constitutioneel Recht van het Koninkrijk der Nederlanden, kemunduran partai politik terjadi karena ada beberapa sebab. Diantaranya banyak anggapan partai dan parlemen tidak lagi mewakili aspirasi rakyat banyak.

Rizki Natakusumah Trending di X ‘Twitter’, Intip Profil dan Biodata Suami Beby Tsabina Ini!

Hal ini terjadi karena kehidupan politik modern telah berubah menjadi kompleks ditambah dengan tumbuhnya globalisasi di bidang digital, ekonomi, budaya dan sebagainya. 

Baca juga: Perkembangan Ilmu Politik Menjadi Ilmu Tersendiri

KPU Kabupaten Kuningan Bakal Gelar Peluncuran Pilkada, Songsong Pesta Demokrasi 2024

Hal tersebut tidak hanya berdampak di level nasional, bahkan internasional pun terpengaruhi akan percepatan digital dan perubahan kebijakan ekonomi. Terutama saat pandemi sampai saat ini, dimana pergerakan ekonomi tidak menampilkan progresifitas yang moncer. Disebabkan berbagai kebijakan yang membatasinya.

Halaman Selanjutnya
img_title