Sejarah Pos Indonesia Dari Masa Perjuangan Sampai Era Modern

Logo PT Pos Indonesia.
Sumber :
  • PT Pos Indonesia

Bisnis, MindsetPos Indonesia adalah perusahaan layanan pos nasional di Indonesia. Dalam sejarah Pos Indonesia didirikan pada tanggal 26 Agustus 1746 oleh pemerintah Belanda dengan nama Bataviaasche Posten.

Jordan Henderson Tak Bahagia di Al-Ettifaq, Eks Liverpool Ini Dikaitkan dengan Juventus dan Ajax

Pos Indonesia memiliki sejarah panjang yang menandakan pentingnya layanan pos bagi masyarakat Indonesia.

Pada awalnya, layanan pos didirikan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi antara pemerintah kolonial Belanda dengan wilayah jajahan mereka di Nusantara.

Kylian Mbappe Cetak Brace Saat Prancis Tumbangkan Belanda 2-1, Tim Ayam Jantan Raih Tiket Euro 2024

Layanan pos pada saat itu berfungsi untuk mengirimkan surat, paket, dan dokumen resmi antara kantor pos di wilayah Nusantara dengan kantor pos di Belanda.

Pada tahun 1864, layanan pos di Indonesia resmi diubah namanya menjadi Post-, Telegraaf-, en Telefoondienst (PTT). Dari sini sejarah Pos indonesia mulai menambahkan layanan telegraf dan telepon.

Matchday EURO 2024: Portugal, Prancis, Belgia dan Austria Berpeluang Lolos di Kualifikasi

Kemudian pada tahun 1945, layanan pos dan telekomunikasi Indonesia diambil alih oleh pemerintah Indonesia setelah kemerdekaan.

Setelah kemerdekaan Indonesia, pos dan telekomunikasi dikelola oleh Departemen Pekerjaan Umum. Kemudian menjadi Departemen Perhubungan pada tahun 1947. 

Pada tahun 1961, layanan pos di Indonesia diubah namanya menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Postel). Pada waktu itu PN Postel menyediakan layanan pos dan layanan giro.

Pada tahun 1995, PN Postel diubah namanya menjadi PT Pos Indonesia (Persero). Pada tahun 2008, pos dan layanan giro dipisahkan menjadi perusahaan yang terpisah dengan nama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Pos Indonesia kini telah menjadi perusahaan layanan pos yang modern dan berinovasi dengan berbagai layanan.

Layanan pos ini mencakup pengiriman surat, paket, dan barang, layanan e-commerce, pengiriman uang, layanan kargo, dan layanan pos kilat khusus.

Pos Indonesia memiliki lebih dari 58.000 titik layanan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pos Indonesia kinimenjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam mengirimkan surat dan paket ke dalam dan luar negeri.

Itulah sejarah Pos Indonesia dari masa perjuangan sampai era modern