Sekolah Lansia Adhi Rajasa, Inovasi Baru untuk Lansia Sehat dan Produktif di Kuningan

Pemdes Desa Kertayasa, Kab. Kuningan berfoto dengan BKKBN Jabar.
Sumber :
  • Rojik

Kuningan, Mindset – Dalam upaya meningkatkan kualitas hidup lansia (lanjut usia) di wilayah Pemerintah daerah Kabupaten Kuningan meluncurkan inisiatif terobosan dalam bentuk Sekolah Lansia (SKL) Adhi Rajasa di Desa Kertayasa, Kecamatan Sindangagung, Rabu (15/5).

Wisata Kampoeng Kita Bekasi, Tempat Piknik Asri dengan Nuansa Bali: Harga Tiket Masuk, Fasilitas

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A), Uca Somantri, dalam sambutannya menerangkan Sekolah Lansia (SKL) Adhi Rajasa sebagai upaya untuk menjaga kemandirian, kesehatan, aktivitas, dan produktivitas lansia sangatlah penting.

''Sekolah Lansia menjadi wadah penting dalam membentuk lansia yang tangguh dan mandiri karena tidak hanya memperhatikan aspek fisik, namun juga mengintegrasikan elemen-elemen sosial, psikologis, ekonomi, dan spiritual,” tutur Uca.

Baznas Ciamis Lantik 26 UPZ KUA untuk Tingkatkan Pengumpulan ZIS dan DSKL

Lebih lanjut Uca menerangkan, tujuan dari Sekolah Lansia antara lain adalah untuk meningkatkan kualitas kegiatan kelompok BKL (Bina Keluarga Lansia).

Menurutnya, inovasi ini dilakukan dalam mewujudkan lansia yang tangguh, meningkatkan pemahaman lansia tentang konsep SMART dalam tujuh dimensi lansia tangguh, dan meningkatkan pengetahuan lansia tentang proses penuaan yang sehat dan sakit.

Harga Tiket dan Jam Buka Nicole's River Park, Destinasi Wisata Instagramable di Bogor

''Sasaran peserta Sekolah Lansia adalah kelompok BKL yang berusia pralansia (45-59 tahun) dan lansia (60 tahun ke atas). Proses pembelajaran akan berlangsung selama 12 kali pertemuan selama satu tahun dan akan diakhiri dengan acara wisuda," tambah Uca.

Kepala Desa Kertayasa, Arief Amarudin mengungkapkan, Desa Kertayasa dipilih sebagai titik pusat untuk Sekolah Lansia di Kabupaten Kuningan.

Halaman Selanjutnya
img_title