Komisioner KPU Ciamis Alami Kekosongan, Bagaimana Nasib Pemilu 2024 di Ciamis?

Direktut LIN soroti kekosongan Komisioner KPU Ciamis.
Sumber :
  • MindsetVIVA

Ciamis, MindsetKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis mengalami kekosongan. Hal ini terjadi karena masa Jabatan KPU Ciamis telah berakhir pada 24 Desember 2023 kemarin. Sampai saat ini, belum ada informasi mengenai penetapan dan pelantikan komisioner baru. 

PKS Ciamis Gelar Yaumul Ma'al Qur'an, Pererat Ukhuwah Islamiyah di Bulan Ramadan

Terkait hal tersebut, Direktur Lingkar Intelegensia Nusantara (LIN), Hernawan angkat bicara. 

Menurutnya Tahapan pemilu 2024 sedang padat, tetapi KPU Ciamis malah alami kekosongan komisioner. 

Sidang MK Sengketa Pilpres 2024 Hari Rabu, Berikut Agendanya

"Tahapan pemilu 2024 sedang berjalan sangat padat, yaitu tahapan kampanye, tahapan pemutakhiran data dan pendistribusian logistik. Ditambah rekrutmen KPPS sedang berjalan. Tetapi KPU Ciamis malah kosong,” ucapnya.

Hernawan menjelaskan bahwa hal ini sangat merisaukan, karena tahapan pemilu yang sedang berjalan sangat krusial dan membutuhkan kerja ekstra dari komisioner KPU Ciamis. 

Optimisme Bupati Ciamis: PSGC Menuju Liga I Setelah Keberhasilan di Porprov

Tidak hanya Ciamis, 9 (sembilan) Kabupaten/ Kota lain di Provinsi Jawa Barat, menurut Hernawan, alami hal serupa. Maka Tugas, wewenang, dan kewajiban KPU Kabupaten/ Kota diambil alih oleh KPU Provinsi Jawa Barat, termasuk KPU Ciamis. 

"Tugas KPU Ciamis, sementara diambil alih oleh KPU Privinsi Jawa Barat. KPU Provinsi akan kesulitan karena harus menjalankan tugas 9 KPU Kabupaten/ Kota lainnya yang sama mengalami kekosongan komisioner,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title