Menghadapi Krisis Air, Bupati Ciamis Bersama Warga Tatar Galuh Gelar Shalat Istisqa

Bupati Ciamis Bersama Warga Tatar Galuh Gelar Shalat Istisqa.
Sumber :
  • Prokopim Ciamis

Ciamis, Mindset – Kemarau yang berkepanjangan telah mengakibatkan krisis air di Kabupaten Ciamis, dengan pasokan air yang semakin menipis untuk kebutuhan sehari-hari dan pertanian. Menanggapi hal ini, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, bersama ribuan warga Tatar Galuh melaksanakan shalat istisqo di Alun-Alun Ciamis, Rabu (18/10/2023).

PKS Ciamis Gelar Yaumul Ma'al Qur'an, Pererat Ukhuwah Islamiyah di Bulan Ramadan

Selain di Alun-Alun Ciamis, shalat istisqa juga dilakukan serentak di 27 kecamatan hingga tingkat desa di Kabupaten Ciamis.

Kegiatan ini merujuk Surat Edaran Bupati Ciamis Nomor 400.8.2.3/1.480-Kesra, yang diterbitkan pada 11 Oktober 2023. Isinya mengajak masyarakat untuk bersama-sama melaksanakan shalat istisqa tahun 1445 H / 2023 M.

Optimisme Bupati Ciamis: PSGC Menuju Liga I Setelah Keberhasilan di Porprov

“Langkah ini (shalat istisqa) diambil dengan harapan seluruh masyarakat Tatar Galuh Ciamis yang beragama Islam bersatu dalam doa, dzikir, dan istighfar. Memohon ampun atas dosa-dosa yang telah diperbuat, dengan harapan agar Allah SWT segera menurunkan hujan di Kabupaten Ciamis,” kata Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dalam sambutan rangkaian sholat istisqa. 

Sambutan Bupati Ciamis dalam rangkaian Shalat Istisqa.

Photo :
  • Prokopim Ciamis
Bupati Ciamis Bagikan Sembako dan Beasiswa Saat Tarling Ramadan, Warga Panumbangan Sumringah

Herdiat menyampaikan, dampak kemarau panjang yang disebabkan oleh efek pemanasan global. Krisis air bersih dan kekeringan telah menjadi tantangan serius bagi kehidupan sehari-hari masyarakat.

"Dalam situasi seperti ini, banyak masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih bahkan untuk keperluan paling dasar. Hal ini menjadi tanggung jawab bersama, baik pemerintah maupun elemen masyarakat lainnya, untuk mencari solusi," ujar Bupati.

Halaman Selanjutnya
img_title