Solidaritas di Tatar Galuh: Doa Bersama untuk Palestina dalam Shalat Istisqa Ciamis

Warga Tatar Galuh laksanakan shalat Istisqa di Alun-Alun Ciamis.
Sumber :
  • Prokopim Ciamis

Ciamis, MindsetKabupaten Ciamis, Jawa Barat, telah berjuang melawan musim kemarau yang melanda daerah tersebut selama beberapa bulan terakhir. Sebagai upaya memohon diturunkannya hujan, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, bersama dengan jajaran pemerintahan dan ribuan warga, menggelar shalat istisqa di Alun-Alun Ciamis pada Rabu, 18 Oktober 2023.

PKS Ciamis Gelar Yaumul Ma'al Qur'an, Pererat Ukhuwah Islamiyah di Bulan Ramadan

Pelaksanaan shalat Istisqa ini digelar sesuai dengan Surat Edaran Bupati Ciamis Nomor 400.8.2.3/1.480-Kesra yang diterbitkan pada 11 Oktober 2023, menghimbau masyarakat untuk melaksanakan sholat istisqa tahun 1445 H / 2023 M.

Shalat istisqa ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk tokoh ulama, aparatur sipil negara (ASN), santri, petani, dan pelajar dari berbagai tingkatan. KH Bukhori Muslim bertindak sebagai imam, dengan Khotib KH Saeful Uyun, Ketua MUI Kabupaten Ciamis.

Optimisme Bupati Ciamis: PSGC Menuju Liga I Setelah Keberhasilan di Porprov

Aksi ini juga diperluas hingga ke tingkat desa, dengan shalat istisqa dilakukan serentak di 27 kecamatan di Kabupaten Ciamis.

Bupati Ciamis menyampaikan bahwa musim kemarau yang panjang akibat dari pemanasan global telah menyebabkan krisis air bersih dan kekeringan. 

Bupati Ciamis Bagikan Sembako dan Beasiswa Saat Tarling Ramadan, Warga Panumbangan Sumringah

''Banyak masyarakat membutuhkan air bersih untuk keperluan sehari-hari, dan hal ini merupakan tanggung jawab bersama bagi pemerintah dan elemen masyarakat lainnya untuk mencari solusi," katanya.

Pemerintah bersama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kementerian Agama, dan lembaga lainnya berinisiatif melaksanakan shalat istisqa dari tingkat Kabupaten, Kecamatan, hingga Desa atau Kelurahan.

Halaman Selanjutnya
img_title