LIN Kritisi Kebijakan Pemkab Ciamis dalam Mengatasi Tingginya Pengangguran Terbuka Kalangan Pemuda

Direktur Lingkar Intelegensia Nusantara (LIN), Hernawan.
Sumber :
  • MindsetVIVA

Ciamis, Mindset – Lingkaran Intelegensia Nusantara (LIN) kritisi kondisi tingginya tingkat pengangguran terbuka di kalangan pemuda di Kabupaten Ciamis. Kondisi tersebut memerlukan perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis dan perlu segera disiapkan langkah-langkah konkret untuk mengatasi dampak negatifnya.

PKS Ciamis Gelar Yaumul Ma'al Qur'an, Pererat Ukhuwah Islamiyah di Bulan Ramadan

Demikian hal tersebut disampaikan oleh Direktur LIN, Hernawan Mahabrata kepada MindsetVIVA pada Rabu (16/6/2023).

“Berdasarkan data terbaru yang diperoleh LIN dari hasil expose Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Tahun 2023 hasil kajian Universitas Brawijaya menunjukkan bahwa tingkat pengangguran terbuka di kalangan pemuda di Ciamis lebih besar dari angka Provinsi Jawa Barat dan Nasional melebihi rata-rata. Kondisi tersebut cukup mengkhawatirkan,” kata Hernawan. 

Optimisme Bupati Ciamis: PSGC Menuju Liga I Setelah Keberhasilan di Porprov

Hernawan menerangkan, data IPP yang dipublikasikan Universita Brawijaya tersebut menunjukkan bahwa banyak pemuda di Tatar Galuh ini yang menghadapi kesulitan dalam mencari pekerjaan. Terutama yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan dan minat mereka. 

Menurut Hernawan, tingkat pengangguran yang tinggi di Kabupaten Ciamis membawa dampak negatif yang signifikan pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. 

Bupati Ciamis Bagikan Sembako dan Beasiswa Saat Tarling Ramadan, Warga Panumbangan Sumringah

''Kami (LIN) sangat prihatin dengan tingkat pengangguran terbuka yang tinggi di kalangan pemuda di Ciamis. Padahal, para pemuda adalah aset berharga bagi pembangunan daerah ini, namun mereka menghadapi kesulitan dalam memasuki pasar kerja,” ucapnya.

“Kondisi tingginya pengangguran tersebut juga menunjukan adanya kesenjangan antara kualifikasi dan kebutuhan pasar kerja, serta kurangnya upaya dari Pemkab Ciamis untuk memberikan peluang dan pembinaan yang memadai kepada pemuda,” tambah Hernawan.

Halaman Selanjutnya
img_title