Gempa Terkini di Kabupaten Malang, BMKG Pastikan Tak Berpotensi Tsunami

BMKG ShapeMap: Gempa Malang.
Sumber :
  • Twitter/@infoBMKG

MindsetGempa terkini berkekuatan Magnitudo 4,8 mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gempa bumi terjadi Rabu 21 Desember 2022 pukul 01,05, dini hari.

4 Syarat Doa Dikabulkan, Ternyata Salah Satunya Mengonsumsi Makanan Halal

Kepala BMKG Sleman Setyoajie Prayoedhie menjelaskan, gempa bumi yang terasa di Malang merupakan gempa bumi dangkal, tidak berpotensi tsunami. Gempa ini diakibatkan aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia dengan lempeng Eurasia.

Dari hasil analisa BMKG menerangkan, episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 8,89° LS ; 112,46° BT. Tepatnya berada di lokasi laut dengan jarak 84km arah Barat Daya Kabupaten Malang, Jawa TImur. Kedalaman gempa disebutkan sampai 29km.

Gempa Garut Memakan Banyak Korban, Ini Doa Gempa Bumi, Transliterasi dan Terjemahnya

Selain di Kabupaten Malang, gempa bumi pun terasa di daerah sekitarnya. Seperti Karangkates Malang, Trenggalek dan Blitar, Tempursari, Pasirian Lumajang, Pronojiwo. Getaran pun tidak terlalu besar hanya seperti getaran truk yang lewat. 

"Sampai saat ini belum ada rilis resmi terkait dampak kerusakan dari gempa yang terjadi. Sampai gempa kedua terjadi, dari monitoring BMKG belum menunjukan aktivitas gempa susulan," jelas  Setyo melalui keterangan tertulis.

Gempa Jepang 1 Januari 2024 dan 6 Gempa Dahsyat Lain Serta Tsunami

Kepala BMKG Sleman inipun menghimbau masyarakat agar tenang dan waspada. Dia pun mengingatkan agar warga menghindari bangunan yang tidak cukup tahan gempa.

"Tetap tenang dan waspada, jangan mudah percaya dan terpengaruh  terhadap isu yang belum jelas kebenarannya," tutupnya.