Viral TikTok Desember 2022, Ajaibnya Fenomena Alam Solstis

Fenomena Alam Solstis.
Sumber :
  • fi.edu

Mindset – Jika kawan-kawan menganggap bahwa video-video viral TikTok hanya sekadar video hiburan, maka kawan-kawan keliru. Kebanyakan memang demikian, akan tetapi algoritma TikTok mempertimbangkan banyak aspek untuk viral. Hal tersebut terjadi misalnya dengan video viral TikTok akhir tahun 2022.

Konten viral TikTok Desember 2022 berkaitan dengan fenomena solstis. Konten viral tersebut sebenarnya mengurang konten viral TikTok 2021. Berbagai spekulasi pun kemudian berkembang di kalangan pengguna TikTok.

Fenomena solstis adalah fenomena alam yang disebut juga sebagai titik balik matahari. Dalam bahasa Inggris disebut solstice yang diartikan oleh Merriam Webster Dictionary versi aplikasi android sebagai masa ketika titik ekliptika (garis edar semu matahari) mencapai jarak paling jauh dari ekuator langit.

Solstis terjadi dua kali dalam setahun dan biasa menandai musim dingin dan musim panas di bagian utara dan bagian selatan bumi. Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa tentu pergantian musimnya tidak terpengaruh oleh solstis.

Namun, di negara-negara yang musimnya terdampak oleh fenomena alam solstis, memang biasa diadakan perayaan. Mungkin itulah sebabnya fenomena solstis menjadi viral di TikTok pada Desember 2022.

Sementara itu muncul juga isu di TikTok bahwa pada tahun 2022 solstis tidak akan terjadi. Apakah hal itu benar?

Solstis selalu terjadi setiap tahun selama dua kali pada bulan Juni dan Desember. Pada tahun 2022 ini solstis bulan Desember akan terjadi 21 Desember pukul 21:48 waktu internasional. Waktu tersebut setara dengan hari Kamis tanggal 22 Desember 2022 pukul 04:47 WIB.