4 Pendapat Buya Hamka tentang Dukun, Salah Satunya Soal Sugesti

Dukun
Sumber :
  • Freepik @Macrovector

MindsetDukun sedang trending di media belakangan ini. Memang meski sudah melewati zaman modern, keberadaan dan wacana-wacana tentang dukun masih terus ada. 

Ternyata Begini Status Suami Mokondo Menurut Imam Ghazali

Salah satu kisah tragis orang-orang yang percaya dukun misalnya kisah terbaru Mbah Slamet atau Tohari di Banjarnegara. Dukun yang memberi iming-iming penggandaan uang tersebut pada akhirnya malah melakukan pembunuhan 12 orang klien. 

Salah seorang ulama yang pernah berpendapat tentang dukun adalah Buya Hamka. Buya Hamka adalah ulama besar sekaligus sastrawan yang film biografinya, film Buya Hamka, akan rilis 20 April 2023. 

Mio Mirza Jadi Trending Topik di Twitter dan TikTok, Intip Spesifikasi Motor Yamaha Mio M3 125 Ini!

Buya Hamka mengungkapkan pendapatnya panjang lebar sebagai jawaban untuk seorang penanya di rubrik yang beliau asuh di majalah Pedoman Masyarakat. Kumpulan tanya jawab tersebut kemudian dibukukan menjadi 1001 Soal Kehidupan (2016).

Penanya mempertanyakan cara pengobatan dukun populer yang tidak mengobati menggunakan obat, tetapi menggunakan doa atau ayat Al Quran. 

Surat Al Mulk "Tabarok" dan 9 Keutamaanya, Dibaca Sebelum Tidur Agar Terhindar dari Siksa Kubur

Satu poin yang harus digarisbawahi, dukun itu juga selalu memberikan alasan di balik sakitnya klien dengan menyebutnya diganggu oleh ruh pendahulunya, misalnya ruh ayah atau nenek yang mengalami siksa kubur sehingga mengganggu anak cucunya. 

Penjelasan tersebut membuat klien sedih dan kecewa karena kerap kali nama-nama yang disebut adalah orang yang saleh semasa hidupnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title