Keutamaan Tarawih Malam ke 12, Ada Hubungannya dengan Bulan Purnama?

Ilustrasi Bulan Purnama
Sumber :
  • Pixabay / susan-lu4esm

MindsetKeutamaan tarawih malam ke 12 unik karena memakai analogi fenomena alam. Fenomena itu terkait dengan pergerakan bulan. 

PKS Ciamis Gelar Yaumul Ma'al Qur'an, Pererat Ukhuwah Islamiyah di Bulan Ramadan

Keutamaan salat tarawih malam ke 12 sebenarnya merupakan lanjutan dari keutamaan tarawih malam ke 11. Hubungan keduanya adalah kenaikan tingkat 1 tangga.

Orang yang melakukan salat tarawih malam ke 11 mendapatkan anugerah berkaitan dengan pemutihan dosa. Hal tersebut mencakup baik dosa yang sudah dilakukan maupun dosa di masa depan. 

8 Pintu Surga dan 8 Golongan yang Berhak Masuk Menurut Kitab Nusantara

Dengan kata lain, orang tersebut sudah memiliki jaminan masuk surga, karena dia akan meninggal kelak dalam keadaan husnul khatimah

Selanjutnya, orang yang melaksanakan tarawih pada malam ke 12 maka dikatakan kelak di hari kiamat dia akan datang dengan wajah bersinar. 

Optimisme Bupati Ciamis: PSGC Menuju Liga I Setelah Keberhasilan di Porprov

Analogi yang digunakan untuk menunjukkan terangnya sinar wajah orang tersebut adalah sinar bulan purnama atau dalam istilah bahasa Arab badr

Imaji bulan purnama dalam tradisi Islam selalu digunakan untuk menunjukkan keagungan. Salah satu yang paling terkenal misalnya yang biasa dibaca dalam Maulid Diba.

Halaman Selanjutnya
img_title