Alasan Pabrikan Mobil Saat Ini Beralih ke FWD? Biaya Produksi Murah atau Teknologi Efisien? Ini Alasannya

Sistem penggerak roda belakang (RWD) vs roda depan (FWD).
Sumber :
  • Ist

Jakarta, Mindset – Dalam beberapa tahun terakhir, tren sistem penggerak pada mobil telah berubah secara signifikan. Banyak pabrikan yang sebelumnya mengandalkan sistem penggerak roda belakang (RWD), kini beralih ke penggerak roda depan (FWD).

Mengapa Toyota dan Daihatsu Sering Meluncurkan Mobil Kembar? Ini Penjelasannya!

Langkah ini memicu perdebatan di kalangan pengguna otomotif, terutama di Indonesia. Di mana kendaraan seperti Toyota Avanza yang terkenal dengan ketangguhannya di segala medan kini menggunakan FWD.

Mengapa peralihan ini terjadi? Apakah FWD benar-benar lebih efisien, atau hanya sekadar upaya menekan biaya produksi? Artikel ini akan mengupas tuntas alasan di balik perubahan besar ini.

Sejarah Sistem Penggerak Mobil: RWD vs. FWD

5 Tablet Gaming dan Produktivitas Terbaik 2025 dibawah 2,5 Juta, Cocok untuk Main Game hingga Kerja Ringan!

RWD merupakan teknologi penggerak yang lebih dulu hadir sejak akhir abad ke-19. Sistem ini dirancang untuk kendaraan dengan mesin besar yang mengalirkan tenaga ke roda belakang.

Desain ini memberikan distribusi bobot yang ideal untuk traksi maksimal, terutama pada medan berat.

5 Mobil Sedan Bekas di Bawah Rp65 Juta yang Cocok untuk Anak Muda

Namun, di awal abad ke-20, FWD mulai diperkenalkan. Sistem ini dipopulerkan oleh merek-merek Eropa seperti Citroën melalui model Traction Avant.

Halaman Selanjutnya
img_title