4 Ulama Besar Islam yang Meninggal Dunia pada Bulan Rajab

Ilustrasi Pemakaman Muslim
Ilustrasi Pemakaman Muslim
Sumber :
  • Pixabay / Bishnu Sarangi

MindsetBulan Rajab merupakan bulan penuh kemuliaan dan merupakan salah 1 dari empat bulan haram dalam Islam. Salah satu keutamaan Bulan Rajab adalah balasan perbuatan baik dan perbuatan buruk dilipatgandakan pada bulan ini. 

Selain itu, Bulan Rajab juga bulan mulia terkait kelahiran tokoh-tokoh besar Islam. Nabi Muhammad saw mulai dikandung oleh Sayyidah Aminah pada Bulan Rajab. Lalu salah satu Khulafaurrasyidin, Ali bin Abi Thalib juga lahir pada bulan Rajab. 

Akan tetapi tahukah sobat Mindset bahwa ada juga tokoh-tokoh besar dalam Islam yang meninggal pada Bulan Rajab? Berikut Mindset informasikan 4 ulama besar Islam yang meninggal pada Bulan Rajab. 

1. Hasan Bashri

Ilustrasi Tarian Sufi

Ilustrasi Tarian Sufi

Photo :
  • Pixabay / Zubeyde Tasel

Hasan Bashri adalah salah seorang ulama tasawuf paling terkenal di dunia Islam. Beliau lahir di Madinah pada tahun 21 H, bertepatan dengan tahun 642 M. Bapaknya, Pirouz (Abul Hasan) adalah budak pada era Khalifah Umar bin Khattab, sementara ibunya, Khairah, adalah budak Ummu Salamah yang kemudian dimerdekakan. 

Hasan Bashri termasuk golongan Tabi’in, yaitu generasi muslim yang hidup setelah era Sahabat. Sebutan Bashri beliau dapatkan karena sejak usia 14 bulan beliau pindah dan menetap di kota Basrah, Irak. 

Hasan Bashri meninggal dunia pada usia 89 tahun di Basrah, tepatnya tanggal 5 Rajab tahun 110 H atau 728 M.  

2. Imam Syafi’i

Imam Syafi’i lahir tahun 767 M di Gaza, Palestina. Beliau adalah pendiri mazhab Syafi’i, salah satu mazhab yang menjadi arus utama di Indonesia. Dari segi nasab, beliau masih merupakan kerabat Rasullullah dari Bani Muththalib.