Mengenal Asmaul Husna Al-Afuww, Sifat Allah yang Maha Menghapuskan Dosa Hamba-Nya yang Bertaubat

Ilustrasi nama Asmaul Husna Al-Afuww.
Sumber :
  • Unplash

Mindset – Al-Afuww adalah salah satu dari Asmaul Husna, yang menandakan Dzat yang menghapuskan segala dosa dan memberi ampun kepada mereka yang telah melakukan kesalahan. Istilah Al-Afuww memiliki makna yang dekat dengan Al-Ghafur, namun memiliki dimensi kesempurnaan yang lebih tinggi.

Makna Dajjal dan Ya'juj wa-Ma'juj, Dua Fenomena Mengerikan dalam Perspektif Islam

Al-Ghafur itu adalah as-sitr (merahasiakan) yang artinya Allah SWT akan menutupi dosa hamba-hambanya selagi hambanya mempunyai keinginan untuk memperbaiki diri. 

Adapun Al-Afuww itu adalah al-mahwu (menghapuskan) yang artinya Allah SWT akan menghabiskan dan mencabut segala dosa manusia sampai ke akarnya. Apabila hambanya bertaubat dengan sungguh-sungguh. Secara isitlah makna dari sifat Allah - Al-Affuww memiliki arti Yang Maha Pemaaf.

Ternyata Sehat Bukan Hanya Soal Tubuh Segar dan Bugar

Pada hari kiamat, malaikat-malaikat yang bertugas mencatat perbuatan manusia akan menyampaikan catatan amal mereka.

Saat melihatnya, mereka dengan kagum menemukan bahwa sebagian lembaran amal buruk manusia telah terhapus dengan sempurna. Meskipun mereka mengetahui dengan pasti apa yang tercatat sebelumnya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar? Begini Menurut Keterangan Hadis!

Maka sadarlah mereka bahwa Allah SWT telah menghendaki kebaikan untuk orang itu. Dengan memaafkan, mengampuni kesalahannya dengan sifatnya Al-Afuww yang Maha Memaafkan dan Menghapuskan dosa-dosa hamba-Nya sampai ke akar-akarnya.

QS Asy-Syura [42]:25.

Photo :
  • MindsetVIVA
Halaman Selanjutnya
img_title