3 Momen Kita Dihalalkan Berbohong, Kapan Saja?

Ilustrasi Berbohong
Sumber :
  • freepik.com

MindsetBerbohong jelas merupakan perbuatan tercela menurut agama mana pun. Bukan hanya agama, tradisi di masyarakat mana pun juga mengajarkan kita untuk selalu berkata jujur dan apa adanya. 

FL Anak Vincent Rompies Terlibat Bullying? Ini Asal-Usul Kata Bullying

Dalam Islam bahkan ada hadis nabi yang sangat populer yang menyatakan bahwa berbohong merupakan salah satu ciri orang munafik

Berbohong juga dipercaya bisa membatalkan pahala puasa. Dengan kata lain, meski kita berpuasa, jika pada saat berpuasa tersebut kita berbohong maka kita hanya merasakan lapar dan dahaga tanpa dapat pahala. 

Pahitnya Sakit Hati, Wanita di Kendal Teror Mantan Setelah Batal Nikah dan Keperawanan Direnggut

Ilustrasi. Puasa Syawal

Photo :
  • freepik.com

Akan tetapi persoalan bohong dan jujur ternyata juga bukan persoalan sederhana dan tidak bisa digeneralisasi dalam semua situasi. 

Cara Menjadi Pacar yang Baik, Panduan Lengkap Menjaga Keharmonisan Hubungan Kamu dengan Si Doi

Imam Nawawi misalnya mengatakan bahwa ucapan adalah sarana untuk mencapai tujuan. Jika tujuan itu terpuji dan bisa dicapai tanpa berbohong maka dalam situasi semacam itu hukum berbohong haram.

Akan tetapi jika tujuan terpuji itu hanya bisa dicapai melalui berbohong maka berbohong diperbolehkan. Dalam situasi semacam itu hukum berbohong menyesuaikan hukum tujuan terpuji yang ingin dicapai. 

Halaman Selanjutnya
img_title