10 Ayat Lingkungan Hidup dan Ancaman Bagi Perusak Lingkungan

Lingkungan Hidup yang Asri
Sumber :
  • Pixabay / silviarita

Mindset –Islam adalah agama yang sangat memperhatikan lingkungan. Hal tersebut terbukti dari fakta bahwa dalam Al-Qur’an dan Hadis Nabi ada sangat banyak anjuran untuk memperlakukan lingkungan hidup.

Prakiraan Cuaca Ciamis Hari Ini, Selasa 13 Februari: Berawan di Dini Hari Hingga Hujan di Waktu Ini!

Bahkan beberapa surat dalam Al-Qur’an juga menggunakan nama-nama hewan, nama-nama serangga, tumbuh-tumbuhan, barang tambang, dan juga berbagai nama lainnya yang berasal dari alam. 

Sebagai contoh, surat-surat yang menggunakan nama hewan misalnya Al-Baqarah (Sapi Betina), Al-An’am (Binatang Ternak), dan Al-Fil (Gajah).

Prakiraan Cuaca Bandung Hari Ini, Selasa 13 Februari: Dari Berawan Hingga Hujan Ringan

Surat-surat yang menggunakan nama serangga misalnya An-Nahl (Lebah) dan An-Naml (Semut).

Surat-surat yang menggunakan nama tumbuh-tumbuhan misalnya At-Tin (Buah Tin), nama barang tambang misalnya Al-Hadid (Besi), sedangkan nama-nama alam misalnya Adz-Dzariyat (Angin yang Menerbangkan). 

Franly Aprilano Oley, Hutan dan Desa Wisata di Kalimantan Timur

Semua itu secara tersirat sudah mengindikasikan bahwa manusia sepanjang hidupnya harus memperlakukan lingkungan dengan baik karena hidup mereka tidak terlepas dari lingkungan. 

Selain itu, ada banyak anjuran langsung dalam ayat-ayat Al-Qur’an untuk melestarikan alam. Sebaliknya, ada juga ayat-ayat Al-Qur’an yang secara tegas melarang merusak alam. 

Halaman Selanjutnya
img_title