Real Madrid Geser Manchester City sebagai Klub dengan Pendapatan Tertinggi

Real Madrid geser Man City jadi klub dengan pendapatan tertinggi.
Sumber :
  • MindsetVIVA

MindsetReal Madrid berhasil melampaui Manchester City dan menduduki puncak Deloitte Football Money League sebagai klub dengan pendapatan tertinggi di musim 2022-23. Klub asal spanyol ini meraih pendapatan komersial menjadi sumber pendapatan terbesar bagi tim-tim.

Cedera Conor Bradley Hantui Liverpool, Jurgen Klopp Kehilangan Pemain Kunci untuk Perburuan Gelar

Real Madrid menjadi pemimpin untuk pertama kalinya sejak musim 2017-18. Los Blancos berhasil menghasilkan pendapatan total sebesar 831 juta euro (907,78 juta dolar AS), diikuti oleh Man City (826 juta euro) dan Paris St Germain (802 juta euro).

Barcelona naik dari peringkat ketujuh tahun lalu ke peringkat keempat, dengan pendapatan sebesar 800 juta euro. Sementara Manchester United turun satu peringkat ke posisi kelima dengan pendapatan 746 juta euro.

Liverpool Beralih Fokus dari Roberto De Zerbi, Ruben Amorim Jadi Kandidat Utama Gantikan Klopp

Real Madrid mencatat peningkatan pendapatan sebesar 118 juta euro dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan pendapatan Real Madrid sebesar 16% yang disebabkan oleh performa ritel yang kuat, peningkatan jumlah penonton stadion, dan pemulihan pendapatan sponsor.

Meskipun Man City kehilangan posisi puncak yang mereka pegang selama dua tahun terakhir. Klub tersebut melaporkan pendapatan musim ini yang tertinggi sepanjang sejarah. Hal ini berkat kampanye treble-winning mereka yang memperkuat pendapatan siaran dan komersial. 

Ancaman Skorsing Mengintai Kapten Manchester United, Bruno Fernandes, Jelang Duel Kontra Liverpool

Vinicius Jr dan Jude Belingham, penyerang Real Madrid.

Photo :
  • X/@realmadrid

Pendapatan komersial menjadi sumber pendapatan terbesar di klub-klub untuk pertama kalinya sejak musim 2015-16. Kecuali musim 2019-20 yang terdampak COVID-19, karena pendapatan siaran meningkat secara moderat sebesar 5%.

Halaman Selanjutnya
img_title