Raih Treble, Manchester City Catat Pendapatan Tertinggi dalam Sejarah: Rekor Man United Terlewat

Etihad Stadium, markas Manchester City - klub sepakbola Inggris.
Sumber :
  • Googel Foto/ Jorge Manuel

Manchester, MindsetManchester City mencatatkan pendapatan tertinggi dalam sejarah klub dengan mencapai £712,8 juta ($888 juta), dalam musim treble-winning mereka. Pencapaian ini jauh melampaui rekor sebelumnya yang diumumkan oleh rival sekotanya, Manchester United, hanya beberapa bulan lalu.

Perjalanan Penuh Drama! PSG Comeback Spektakuler, Gagalkan Mimpi Barcelona di Liga Champions

Sang juara Premier League dan Eropa mengumumkan peningkatan pendapatan hampir £100 juta dibandingkan tahun sebelumnya pada Rabu (15/11). Man City berhasil meraup laba hampir dua kali lipat menjadi £80,4 juta.

Sementara Manchester United, yang sudah sekitar satu dekade berada di bayang-bayang Man City, melaporkan pendapatan Premier League sebesar £648,4 juta pada akhir Oktober lalu.

Ancaman Skorsing Mengintai Kapten Manchester United, Bruno Fernandes, Jelang Duel Kontra Liverpool

Prestasi gemilang musim lalu membuat pasukan Pep Guardiola menjadi klub Inggris kedua setelah Man United pada 1999 yang berhasil memenangkan Liga Champions, Premier League, dan Piala FA dalam satu musim.

Melansir France24, Man City, yang menduduki peringkat teratas dalam Deloitte 2023 Football Money League, menerima pendapatan dari siaran langsung sebesar hampir £300 juta hingga 30 Juni. Pendapatan fantastis tersebut didorong oleh kesuksesan mereka di kompetisi Eropa.

Barcelona Mempersempit Pilihan Pengganti Xavi Hernandez: Siapa Saja yang Tersingkir?

Pendapatan dari siaran langsung bukan satu-satunya faktor yang melonjak. Biaya gaji klub naik hampir £70 juta menjadi sedikit di bawah £423 juta. Sementara keuntungan dari perdagangan pemain mencapai hampir £122 juta.

Namun, laporan tahunan klub juga mencatat 115 tuduhan yang diarahkan pada mereka oleh Premier League pada bulan Februari, yang diungkapkan dalam bagian "Risiko dan Ketidakpastian".

Halaman Selanjutnya
img_title