Sejarah Institut Agama Islam Darussalam, Perguruan Tinggi Tertua di Ciamis

Kampus IAID Ciamis Jawa Barat.
Sumber :
  • IAID

Ciamis, Mindset – Institut Agama Islam Darussalam (IAID) merupakan sebuah perguruan tinggi agama Islam yang terletak di Desa Dewasari, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

PKS Ciamis Gelar Yaumul Ma'al Qur'an, Pererat Ukhuwah Islamiyah di Bulan Ramadan

Melansir laman IAID Ciamis, pendirian IAID dimulai dengan pendirian Fakultas Syariah IAID Sunan Gunung Djati Bandung di Kampus Pesantren Darussalam pada 1 Juni 1970. Tanggal ini menjadi peringatan berdirinya IAID.

Dalam riwayatnya, pada tanggal 14 Maret 1972, Fakultas Syariah memperoleh status terdaftar berdasarkan SK Direktur Direktorat Perguruan Tinggi Agama No. Dd/I/PT/3/Nc.B-IV/3/50.336/1972.

Optimisme Bupati Ciamis: PSGC Menuju Liga I Setelah Keberhasilan di Porprov

Selanjutnyam pada 1 Juli 1972, diterbitkannya SK yayasan No.07/YAKPI/VII/1972 tentang pendirian IAID Ciamis (perubahan dari semula Fakultas Syariah menjadi Institut).

Dengan rentetan sejarah berdirinya IAID, menjadikannya kampus teruta di Kabupaten Ciamis. menyusul Universitas Galuh yang lahir tahun 1998 dan Stikes Muhammadiyah Ciamis (dahulu Akademi Keperawatan) tahun 1999. 

Bupati Ciamis Bagikan Sembako dan Beasiswa Saat Tarling Ramadan, Warga Panumbangan Sumringah

IAID Ciamis menerima penghargaan PTKIS-Kopertasi Jawa Barat II.

Photo :
  • Dok. IAID Ciamis

Dalam pelaksanaan pendidikannya, IAID mengkombinasikan pendidikan akademik dengan pendidikan kepesantrenan dari Pondok Pesantren Darussalam. 

Halaman Selanjutnya
img_title