Wabup Ciamis: Pemanfaatan Pekarangan Rumah Jadi Solusi Tekan Inflasi

Sambutan Wabup Ciamis saat menerima Tim Rechecking di Jalatrang.
Sumber :
  • Dok. Prokopim Ciamis

Ciamis, Mindset – Pemanfaatan pekarangan rumah bisa menjadi solusi dalam menekan inflasi, selain itu juga dapat meningkatkan ketersediaan dan aksesibilitas pangan ditingkat rumah tangga. Pemerintah Kabupaten Ciamis berkomitmen dalam mendukung gerakan pengendalian inflasi, dengan telah dikeluarkannya Surat Edaran agar masyarakat memanfaatkan lahan tidur atau lahan pekarangan di sekitar rumah

PKS Ciamis Gelar Yaumul Ma'al Qur'an, Pererat Ukhuwah Islamiyah di Bulan Ramadan

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Ciamis, Yana D Putra saat menerima menerima tim rechecking lomba PKK tingkat Provinsi Jawa Barat, di Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Senin (15/05/2023). Lomba PKK tingkat provinsi tersebut terkait pemanfaatan pekarangan sebagai sumber gizi keluarga.

''Dalam mengendalikan inflasi perlu adanya sinergitas antara unsur pemerintah dan masyarakat. Termasuk tim penggerak PKK sebagai motor penggerak terwujudnya kesejahteraan keluarga,” kata Yana saat memberikan sambutan selamat datang kepada TIm Recheking lomba PKK tingkat Provinsi.

Optimisme Bupati Ciamis: PSGC Menuju Liga I Setelah Keberhasilan di Porprov

Yana menerangkan, dari segi teritorialnya Kabupaten Ciamis merupakan daerah agraris. Sehingga kontribusi sektor pertanian, perikanan dan kehutanan sangat berkontribusi terbesar terhadap struktur perekonomian daerah. 

Lebih lanjut, kata Yana, melihat potensi Kabupaten Ciamis dalam agraria sehingga perlu adanya dorongan dan kesadaran masyarakat untuk terlibat dalam Gerakan Pangan Mandiri (GPM). Gerakan tersebut salah satunya melalui pemanfaatan pekarangan rumahnya masing-masing agar bisa memenuhi kebutuhan dalam lingkup rumah tangga. 

Bupati Ciamis Bagikan Sembako dan Beasiswa Saat Tarling Ramadan, Warga Panumbangan Sumringah

''Dengan prgram gerakan GPM ini masyarakat dapat memenuhi kebutuhan gizi keluarganya sendiri, tanpa terganggu harga yang mengikuti mekanisme pasar yang sering fluktuatif dari segi harganya," ujarnya.

Wabup Ciamis: Pekarangan Rumah untuk Pemenuhan Gizi Keluarga 

Halaman Selanjutnya
img_title