Tanda-Tanda Seseorang Mengidap OCD

Ilustras kecemasan OCD pada seseorang.
Sumber :
  • Freepik.com

Mindset – OCD merupakan kepanjangan dari Obsessive Compulsive Disorder. Istilah tersebut untuk gangguan kesehatan mental yang dapat terjadi kepada siapapun. Tanda-tanda dini dari orang yang mengidap OCD yakni memiliki perilaku kompulsif dan pikiran obsesif dalam kesehariannya.

10 Macam Gangguan Kepribadian, Termasuk Narsistik dan Antisosial

Sesuai dengan istilahnya, pengidap OCD selalu merasa harus melakukan suatu hal secara berulang kali. Tatkala tidak terlaksana maka pengidap-nya akan merasakan kecemasan dan ketakutan. 

Kebanyakan pengidap OCD ini sadar bahwa tindakannya termasuk berlebihan. Meski demikian, mereka tidak memiliki daya untuk menyetop perilakunya atau menghentikannya secara total.

Biar Tidak Bingung, Ketahui Jenis-Jenis OCD Ini

bagi pengidap gangguan mental OCD ini umumnya memiliki pikiran yang mengganggu dan menimbulkan obsesif. Pengidap pun sering menunjukan perilaku yang dilakukan secara berulang-ulang atau disebut kompulsif.

Obsesif sendiri memiliki arti sebuah gangguan pada pikiran, yang terjadi secara terus menerus. Sehingga menimbulkan kecemasan dan ketakutan. Obsesif sendiri terjadi pada setiap orang. Namun ukurannya berbeda dengan pengidap OCD, dimana pikiran obsesif selalu muncul dan bahkan menetap pada diri pengidap.

Penasaran tentang OCD? Kenali Gejala-Gejalanya dengan Mudah

Contoh pikiran obsesif pada OCD seperti merasa sangat takut akan kotor atau terkena penyakit. Bahkan mereka menghindari bersalaman dengan orang lain atau menyentuh suatu benda yang sering di pegang orang.

Selanjutnya, untuk perilaku kompulsif merupakan suatu tindakan yang dilakukan berulang-ulang. Padahal kalau orang normal pastinya dirasa cukup untuk dilakukan sekali saja.

Halaman Selanjutnya
img_title