Cara-Cara Mudah dan Sederhana Viral di TikTok

Ilustrasi konten kreator sedang membuat video.
Sumber :
  • Unplash.com

Mindset – Menjadi viral di TikTok pasti menjadi keinginan kebanyakan pengguna TikTok. Viral sama dengan popularitas dan melalui popularitas akan banyak keuntungan yang kita peroleh. 

Cara-cara untuk viral di TikTok sering kali terlihat sulit karena pikiran kita terlalu rumit. Padahal sebenarnya ada beberapa cara yang mudah dan sederhana. Cara-cara tersebut terutama terkait konsep dan pandangan kita terkait TikTok. 

Pertama, pahami bahwa TikTok adalah media hiburan. Berbeda dengan Instagram yang lebih serius dan Twitter yang lintasan isunya sangat dinamis, TikTok adalah media yang lebih spesifik untuk hiburan. 

Tentu bukan berarti tidak boleh mengunggah video mengangkat persoalan serius di TikTok. Aspek hiburan lebih terkait pada bagaimana cara mengemasnya. Dengan demikian, jika ingin viral di TikTok, pastikan video yang anda posting dikemas dengan nilai hiburan yang segar. 

Kedua, tentukan mau mengincar lokal atau nasional. Peningkatan pengguna TikTok yang sangat pesat menunjukkan bahwa pengguna TikTok merata baik di perkotaan maupun pedesaan. Terkait hal tersebut, satu hal yang sering dilupakan oleh pengguna TikTok adalah kendala bahasa. 

Karena TikTok merupakan media hiburan, sering kali hiburan yang bersifat lokal kurang tersampaikan ketika disampaikan tidak menggunakan bahasa lokal. Terlebih lagi tayangan TikTok bersifat audio visual sehingga aspek kelisanan memegang peranan penting. 

Oleh karena itu, sebaiknya sejak awal kita memastikan apakah kita akan mengincar audiens lokal atau lebih umum. Jika kita mengenali potensi kita untuk menyampaikan hiburan menggunakan bahasa lokal, maka lebih baik kita memilih ceruk tersebut. Penggunaan bahasa lokal yang biasa kita gunakan sehari-hari juga akan membuat penampilan dalam video terlihat lebih natural.